3 Hal Penting yang Harus Anda Ketahui dari Bukit Golgota

Traveling

Jika berkunjung ke wisata rohani, maka sebaiknya mampir ke Bukit Golgota. Sebagian besar orang juga menjulukinya Bukit Calvary. Umat Kristiani percaya kalau di sinilah Yesus disalib. Selain tentang sejarahnya, ternyata ada 3 Hal menarik dari bukit ini.

  1. Bentuknya yang Mirip Tengkorak

Bukit Golgota berasal dari kata Gulgata yang berarti tengkorak bukan menjadi satu-satunya alasan tempat ini. Namun, bentuk bukit ini memang nampak seperti tengkorak. Jika Anda ke sini, cobalah melihat dari jarak dan ketinggian tertentu, maka Anda akan sadar kalau bentuknya sangat mirip dengan tengkorak.

Namun, beberapa orang juga menamai bukit ini sebagai bukit penghukuman. Dulunya, bukit ini pernah dijadikan sebagai tempat penghukuman dan banyak pula tengkorak yang ditemukan di tempat ini.

Kalau dalam bahasa latin, bukit ini diterjemahkan sebagai Calvariae Lucus yang memiliki makna hampir mirip dengan Golgata, yaitu tempat tengkorak. Itulah sebabnya tempat ini sangat terkenal sebagai dengan Bukit Calvary.

  1. Juru Kunci merupakan Seorang Muslim

Juru kunci bukit ini yaitu berasal dari seorang muslim, konon katanya ia adalah keturunan langsung dari Shalahuddin al-Ayyubi. Ini sebagai bukti sikap toleransi sekaligus penepatan janji yang dicerminkan di tempat ini. Sebagai wisata rohani yang setiap saat dipadati pengunjung, bukit ini bisa menghindari keributan karena adanya juru kunci.

  1. Bukit Alternatif

Hal yang ada di tempat ini ternyata tidak hanya Golgota yang ada di dekat Yerusalem, namun ada beberapa tempat lagi yang juga dianggap sebagai Golgota. Beberapa tempat itu seperti Garden Tomb Gordon yang pernah diusulkan Mayor Jenderal Charles George Gordon.

Letak tempat ini berada di bawah tebing dengan dua lekukan besar sehingga mirip dengan dua lubang mata tengkorak. Selain itu ada juga karang yang berbentuk tengkorak dan terletak di barat laut gereja Makam Kudus, lokasinya di dekat bukit Tomb.

Ada juga yang bernama Golgota Dusatko yang diusulkan Roger Dusatko dari Jerman. Bukit Dusatko ada di bagian luar Lion’s Gate dan bentuknya menyerupai bagian atas kepala tengkorak. Anda pasti kagum saat melihatnya.

Wisata rohani memang tidak akan lengkap jika tidak berkunjung ke Bukit Golgota dan alternatif tempat lainnya. Anda bisa juga menyaksikan semua tempat tersebut dengan menggunakan Insighttour.id. Selain itu, banyak paket tour tempat lain di Israel.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *