Industri Minuman Tumbuh Tinggi di Kuartal 3 2017

Bisnis

Kuartal III 2017, industri minuman tumbuh paling tinggi

Kepala Badan Pusat Statistik (BPS), Suhariyanto, mencatat pertumbuhan produksi industri manufaktur besar dan sedang triwulan III-2017 naik sebesar 2,27 persen terhadap triwulan II-2017. Angka tersebut mengalami pertumbuhan yang signifikan yang nantinya akan berpengaruh besar terhadap produk domestik bruto (PDB).

Di mana industri yang mengalami kenaikan produksi tertinggi adalah industri minuman sebesar 7,7 persen. Sedangkan industri yang mengalami penurunan terbesar adalah industri farmasi, produk obat kimia dan obat tradisional sebesar 1,12 persen.

“Kalau kita lacak ke belakangan, memang dalam 3 bulan terakhir impor dari bahan baku sudah mengalami kenaikan yang lumayan signifikan,” katanya di gedung BPS, Jakarta, Rabu (1/11).

Sementara itu, pertumbuhan produksi industri manufaktur besar dan sedang triwulan III-2017, naik sebesar 5,51 persen terhadap triwulan III-2016. Industri yang mengalami kenaikan adalah industri logam dasar sebesar 11,97 persen.

Sedangkan, industri yang mengalami penurunan produksi terbesar adalah industri pengolahan lainnya sebesar 4,88 persen. “Secara umum industri manufaktur besar dan sedang mengalami pertumbuhan yang bagus, banyak industri yang tumbuh tetapi ada beberapa industri yang perlu dicermati ke depannya,” imbuhnya.

Sementara itu, pertumbuhan produksi industri manufaktur mikro dan kecil pada triwulan III-2017 naik sebesar 0,66 persen terhadap triwulan II-2017. Sedangkan, dibandingkan triwulan III-2016, produksi industri manufaktur mikro dan kecil juga mengalami kenaikan sebesar 5,34 persen.

Suhariyanto menambahkan, dilihat dari tahun ke tahun (year-on-year), jenis-jenis industri yang mengalami kenaikan tertinggi adalah industri komputer, barang elektronika dan optik sebesar 35,98 persen. Sedangkan yang mengalami penurunan adalah industri pengolahan tembakau sebesar 21,92 persen.

Dilihat dari kuartal ke kuartal (q-to-q), jenis-jenis industri yang mengalami kenaikan tertinggi adalah industri bahan kimia dan barang dari bahan kimia sebesar 16,67 persen. Sedangkan yang mengalami penurunan tertinggi adalah industri mesin dan perlengkapan ytdl sebesar 26,05 persen.

[bim]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *