Menciptakan Rumah Dengan Desain Minimalis Sesuai Ekspektasi

Properti

Konsep rumah minimalis memang sedang menjadi buah bibir di kalangan masyarakat. Desainnya yang simple tetap bisa memberikan kesan elegan dan mewah pada sebuah rumah. Tak heran konsep minimalis banyak disukai oleh masyarakat Indonesia. Selain harga yang terbilang cukup terjangkau, rumah minimalis merupakan pilihan yang tepat untuk pasangan baru yang ingin membangun bahtera rumah tangganya. Selama proses desain, banyak hal yang harus diperhitungkan dari warna, penataan dan tema sampai pada perhitungan budget. Hal tersebut akan membuat rumah idaman Anda mencapai hasil yang maksimal.

Kebanyakan orang menyukai konsep desain minimalis namun masih belum paham bagaimana ciri-ciri rumah minimalis itu sendiri. Rumah minimalis memiliki desain dengan bentuk dan fungsi yang sederhana. Desain yang simple, layout ruangan yang efisien membuat rumah tidak kelihatan rumit. Garis-haris lurus, persegi maupun bentuk geometris lainnya membuat konsep minimalis ini terlihat berseni. Rumah minimalis juga memiliki dinding ataupun eksterior yang tidak rumit. Selain itu, rumah minimalis memiliki ciri-ciri dengan memberikan kesan bersih dan terbuka sehingga cahaya dapat masuk dan memenuhi ruangan.

Rumah minimalis dirasa dapat membuat ketenangan tersendiri bagi penghuninya. Oleh karena itu, konsep rumah minimalis modern ini dijadikan rumah idaman bagi sebagian orang. Nah, ada beberapa poin yang harus Anda perhatikan ketika Anda ingin mengangkat konsep rumah minimaslis ini pada hunian Anda. Yuk, disimak!  

Mantapkan konsep minimalis Anda

Sebelum Anda menentukan ingin membangun rumah, Anda harus memilih tema, gaya atau konsep yang Anda ingin aplikasikan ke rumah Anda. Carilah gaya atau tema yang sesuai dengan lifestyle Anda dan keluarga. Sebaiknya berkonsultasilah seputar konsep minimalis yang Anda inginkan dengan jasa arsitek, kontraktor maupun desain interior untuk hasil yang maksimal. Para profesional tersebut akan mempermudah dan membantu Anda untuk menciptakan rumah minimalis yang sesuai dengan ekspektasi Anda.

Pilih warna yang tepat

Pilihlah warna dasar yang memiliki karakter rumah minimalis. Sebaiknya hindari warna dasar yang terlalu terang dan mencolok. Untuk desain rumah minimalis, warna yang dipilih biasanya adalah abu-abu, krem dan coklat. Walau begitu, bukan berarti Anda tidak dapat memilih palet warna pastel yang lembut atau pilihan palet warna lainnya yang disesuaikan dengan warna-warna basic minimalis. Jangan terlalu banyak mengkombinasikan warna, sebaiknya pilihlah 3 warna untuk dikombinasi pada dinding rumah Anda.

Tempatkan furnitur dengan efisien

Pilih furnitur yang sesuai dengan kebutuhan. Pilihlah furnitur yang memiliki desain simpel namun berkelas. Hal ini penting untuk memanfaatkan ruangan agar terkesan lebih besar. Kurangi penumpukan furnitur yang tidak berguna untuk menghindari kesan sempit dan berantakan. Saat ini, banyak furnitur multifungsi yang dapat dengan mudah Anda temukan sehingga Anda dapat menyisakan ruang gerak yang lebih banyak untuk rumah minimalis Anda.

Pilih aksesoris yang senada

Padu padankan hiasan atau dekorasi serta aksesoris yang pas untuk rumah minimalis Anda seperti vas bunga atau bingkai foto di beberapa sudut ruangan. Dekorasi yang tepat dapat menciptakan aksen manis pada rumah minimalis Anda. Nah, Anda juga harus memastikan hiasan yang dipilih sesuai dengan tema dan palet warna rumah yang telah Anda pilih. Jangan sampai warna atau style hiasan bertabrakan dengan konsep rumah Anda secara keseluruhan. Jangan terlalu banyak meletakkan dekorasi dan akseseoris terlalu banyak untuk menghindari kesan ruangan yang sempur dan sumpek.

Manfaatkan ventilasi

Hal terakhir yang perlu Anda perhatikan adalah pencahayaan dan sirkulasi udara. Rumah yang sudah didesain seindah apapun, keindahannya akan percuma bila ruangan terlalu gelap dan lembab karena kurangnya cahaya dan sirkulasi udara. Hindari tertutupnya ventilasi dan jendela rumah dengan furnitur seperti rak atau lemari. Dengan peletakan furnitur, jendela, dan ventilasi yang tepat, rumah akan terasa lebih luas dan nyaman.

Itulah beberapa tips mudah untuk menciptakan konsep rumah dengan desain minimalis ke rumah Anda. Semoga informasi diatas bermanfaat!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *