4 Cara Mutasi Mobil Yang Mudah Dan Benar

Otomotif

Memiliki mobil pribadi memang memudahkan dalam banyak hal terutama dalam hal transportasi. Namun, adakalanya mobil juga dapat menimbulkan permasalahan yang mana mengharuskan pemiliknya untuk melakukan pengurusan misalnya saja ketika ingin pindah tempat tinggal yang lumayan jauh. Mau tidak mau, agar mobil tetap nyaman dan aman digunakan saat di daerah tempat tinggal baru, perlu dilakukan pengurusan mutasi kendaraan. Bagi yang belum pernah melakukannya, mungkin akan mengira prosesnya ribet. Padahal, jika memahami alur prosesnya, anda bisa ko’ mengurusnya sendiri tanpa bantuan orang lain. Berikut ini dijelaskan mengenai cara mutasi mobil  yang mudah dan benar.

1.      Lakukan Cek Fisik Mobil

Sebelum mengurus berbagai surat menyurat mobil, hal pertama yang perlu dilakukan saat ingin mutasi kendaraan adalah melakukan pengecekan fisik kendaraan di daerah asal. Pengecekan ini akan dilakukan oleh petugas dan nantinya akan diberikan nomor rangka serta mesin. Setelah itu, petugas akan menyerahkan nomor serta berkas kendaraan, melakukan pemeriksaan terhadap kelengkapan dan keaslian berkas lalu legalisir.

2.      Mengisi Formulir Mutasi

Apabila semua berkas sudah selesai diperiksa dan diserahkan, bawa langsung ke bagian pelayanan mutasi. Petugas akan memberikan formulir mutasi dan juga balik nama yang harus anda isi dengan benar. Jika semua sudah diisi, serahkan kembali kepada petugas formulir tadi beserta berkas kendaraan. Petugas akan memeriksa kembali formulir dan berkas yang ada guna memastikan kelengkapan serta kebenaran data, jika semua proses pemeriksaan berkas telah selesai, anda akan diminta untuk melakukan pembayaran biaya mutasi. Setelah pembayaran, anda berhak mendapat surat bukti pembayaran yang mana surat ini nantinya berguna ketika anda ingin melakukan pengambilan berkas. Jadi, harap simpan dengan baik bukti pembayaran mutasi. Anda mungkin saja perlu beberapa hari untuk menunggu pengambilan berkas, namun mobil tetap bisa digunakan seperti biasanya.

3.      Melapor ke Samsat Daerah Baru

Jika berkas telah selesai dan berada di tangan anda, langkah atau cara mutasi mobil selanjutnya adalah dengan melakukan laporan ke Samsat daerah tujuan dimana anda akan tinggal nantinya. Kemudian, serahkan berkas kendaraan anda.

4.      Cek Fisik Mobil Lagi

Untuk memastikan mobil anda sesuai dengan data yang ada diberkas, maka mobil perlu dilakukan cek fisik kembali. Setelah proses pengecekan fisik selesai, anda perlu menyerahkan berkas ke petugas. Petugas akan melakukan proses pemeriksaan berkas. Hingga tahap ini, anda sudah bisa bernafas lega karena hanya perlu menunggu STNK dan pelat nomor yang baru. Mintalah kepada petugas untuk memberikan kabar jika STNK dan pelat nomor sudah selesai, dengan begitu anda bisa mengambilnya segera. Setelah STNK, pelat nomor dan berbagai surat mobil telah ada ditangan, anda bisa melanjutkan ke tahap pembuatan BPKB baru. Temukan berbagai informasi menarik lainnya seputar tips otomotif di seva.id  .

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *