5 Cara Bijak Pakai Kartu ATM Agar Tidak Boros

Bisnis

Memiliki macam-macam kartu ATM  dalam dompet memang menjadi godaan tersendiri ketika berbelanja. Jika tidak bijak dalam menggunakannya, bukan tidak mungkin saldo bisa cepat habis. Alhasil, pengeluaran terasa sangat boros hanya untuk membeli keperluan yang sebenarnya tidak terlalu penting. Bagi kamu yang ingin menerapkan gaya hidup hemat meski banyak memiliki berbagai jenis ATM dari berbagai bank, coba deh terapkan beberapa tips ini.

1.      Pahami Fungsi Kartu ATM

Ada banyak orang yang merasa kesulitan dalam menggunakan kartu ATM, bukan karena dalam hal teknis namun lebih kepada pengelolaannya. Sejatinya, kartu ATM dibuat untuk memudahkan proses tarik tunai uang, pembayaran dan juga transfer uang. Namun, ada saja yang sering menggunakannya untuk pembayaran berbagai belanjaan, seperti misalnya belanja online. Untuk itu, sebelum membuat dan memiliki kartu ATM, pahami lebih dahulu fungsi utama kartu ATM itu sendiri untuk meminimalisir penggunaan kartu ATM untuk belanja secara berlebihan.

2.      Bawa Kartu ATM Saat Perlu

Tips ini mungkin bisa jadi cara lainnya agar penggunaan kartu ATM bisa lebih terkendali, yaitu dengan membawa kartu ATM disaat perlu saja. Kamu mungkin memiliki beberapa macam kartu ATM, namun saat ingin pergi ke suatu tempat yang kiranya tidak memerlukan transaksi menggunakan kartu ATM, sebaiknya tinggal saja kartu ATM tersebut. Letakkan kartu ATM ditempat khusus dan aman, seperti laci meja. Jika memang perlu barulah bawa serta kartu ATM dalam dompet.

3.      Bawa Uang Cash

Semakin kesini, banyak orang yang malas membawa uang cash, terlebih ketika e-money makin marak hadir ditengah masyarakat masa kini. Ada juga yang lebih memilih untuk menggesek kartu ATM sebagai media pembayaran karena dirasa lebih praktis, meski tidak banyak memiliki uang cash dalam dompet. Well, cara ini sah-sah saja selama bisa mengendalikan penggunaan kartu ATM. Namun, jika dilakukan terlalu sering bahkan tanpa pertimbangan dan perhitungan yang baik, tanpa disadari uang tabungan atau saldo jadi habis terkuras. Sebaiknya, tetap bawa uang cash dengan jumlah yang cukup untuk keperluan, karena bagaimanapun tidak semua tempat jual beli mampu melayani pembayaran lewat kartu ATM.

4.      Rajin Cek Saldo

Tips lainnya untuk dapat menerapkan penggunaan kartu ATM secara bijak adalah dengan rajin melakukan cek saldo. Mengapa demikian? Salah satu alasannya adalah untuk memastikan ketersedian uang yang masih tersimpan pada rekening bank. Jika diketahui saldo telah mencapai batas minim, maka hal ini akan menjadi semacam warning untuk penggunaan kartu ATM, khususnya untuk pembayaran. Rajin melakukan cek saldo juga bermanfaat untuk jaga-jaga jika terjadi kesalahan sistem pada transaksi bank.

5.      Memilih Jenis Kartu ATM Yang Tepat

Saat ini, ada banyak jenis atau macam-macam kartu ATM yang tersedia dan bisa dipilih. Masing-masing bank memberikan berbagai penawaran dan kemudahan guna manarik minat orang untuk menggunakan kartu ATM yang mereka tawarkan. Sebelum memilih jenis kartu ATM, sebaiknya ketahui terlebih dahulu kelebihan serta kekurangan masing-masing kartu ATM yang ada. Hal ini berguna bagi kamu ingin memilih kartu ATM yang tepat sesuai kebutuhan. Jangan hanya melihat dari bagus tidaknya sebuah kartu ATM, tetapi juga perlu melihat manfaat serta kemudahan yang mungkin bisa didapatkan dengan menggunakan kartu ATM tersebut. Kamu bisa mencari berbagai informasi terkait kartu ATM terlebih dahulu lewat media internet, konsultasi dengan CS bank dan lainnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *