5 Fakta Olahraga di Pagi Hari, Bikin Tubuh Lebih Fit Seharian hingga Merangsang Kinerja Otak

Kesehatan

Olahraga dapat dilakukan pada pagi maupun sore hari. Namun ternyata waktu olahragajuga memengaruhi manfaat yang didapatoleh tubuh. Studi yang dimuat dalam Jurnal 'Medicine & Science in Sport & Exercise' menyebutkan bahwa tiap tiap waktu olahraga punya manfaat berbeda.

Dikutip dari Grid.id, studi yang dilakukan pada 2012 itu dilakukan dengan mengukur bagaimana respons tubuh wanita setelah berolahraga pada pagi hari. Mereka diminta melakukan jalan cepat selama 45 menit. Menurut Lara Carlcon, PhD, dari American College of Sport Medicine, jika kita melakukan olahraga dengan tujuan untuk membentuk badan atau meningkatkan kesehatan tubuh, pagi hari adalah waktu terbaik.

Untuk penurunan berat badan memang sedikit kontroversial, tetapi ada studi lain yang membandingkan olahraga pagi dan sore hari. Ternyata mereka yang berolahraga pagi memiliki tekanan darah lebih rendah dan tidur lebih nyenyak. Pada sore hari, kita juga memiliki banyak energi dibandingkan dengan usaha untuk bangun lebih pagi dan berolahraga.

Selain itu, kita juga hanya perlu waktu 20 menit agar hormon endorfin meningkat sehingga kita menjadi lebih rileks setelah kesibukan yang padat di kantor. Dikutip dari Bobo Grid.id , olahraga sorejuga memiliki banyak manfaat. Dari segi motivasi,olahraga sore hari lebih cocok untuk mereka yang sulit bangun pagi.

Berolahraga di sore hari juga hanya butuh waktu sedikit untuk memunculkan rasa senang atau mengaktifkan hormon endorphin apabila dibandingkan dengan olahraga di pagi hari. Olahraga di sore hari juga membuat tubuh lebih rileks selepas bekerja atau beraktivitas sepanjang hari. Waktu yang tepat untuk berolahraga di sore hari adalah pukul 14.00 18.00.

Sebab pada saat itu aktivitas enzim dan fungsi otot juga meningkat. Studi di Brigham Young University meneliti 18 perempuan dengan berat badan normal dan 17 perempuan penderita obesitas, selama dua hari. Diketahui bahwa baik perempuan dengan berat badan normal maupun penderita obesitas mengalami respons otak yang lebih lamban terhadap foto makanan.

Alih alih tergoda makan mereka justru melakukan aktivitas fisik dengan berolahraga selama 45 menit. Berolahraga di pagi hari sebelum bekerja membuat badan fit seharian. Kamu merasa bugar sepanjang waktu bekerja dan masih fit untuk beraktivitas di malam hari.

Olahraga di waktu pagi sebelum terganggu dengan berbagai hal, baik di tempat kerja maupun di luar membuat lebih konsisten dan disiplin. Selain itu, olahraga sebelum berangkat kerja membuat kita lebih disiplin bangun pagi untuk beraktifitas fisik. Mayo Clinic mengungkapkan olahraga membantu tubuh untuk menyalurkan oksigen dan nutrisi ke otot dan organ tubuh lainnya.

Artinya sistem kardiovaskular tubuh kamu berfungsi dengan efektif, meningkatkan energi. Olahraga memiliki dampak jangka panjang dan jangka pendek. Penelitian menunjukkan manfaat jangka pendek dari berolahraga di antaranya meningkatkan fungsi memori menjadi lebih baik.

Jika berolahraga di pagi hari, kerja otak lebih berfungsi dan ini bisa menggantikan kafein yang kerap dipilih untuk menyegarkan pikiran di waktu pagi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *