6 Hal yang Perlu Diperhatikan Sebelum Belanja Online

Lifestyle Tips

Kemajuan teknologi tentunya dapat membawa banyak kemudahan. Salah satunya adalah kegiatan belanja online. Namun sebenarnya bagaimana sih cara aman berbelanja di toko online? Nah berikut merupakan beberapa hal yang perlu Anda perhatikan sebelum memilih untuk berbelanja di toko online.

  1. Pastikan untuk Selalu Menggunakan Komputer Pribadi

Selain menggunakan komputer pribadi, Anda juga harus melindungi personal komputer dengan software anti malware, anti virus, dan anti spy yang sudah terpercaya. Mengapa harus demikian? Sebab selama bertransaksi, Anda harus memasukkan data dan informasi penting selama proses transaksi jual beli.

Bayangkan saja, apabila Anda menggunakan komputer umum yang dapat diakses oleh semua orang, terutama orang yang tidak berpengalaman, tentunya data pribadi Anda dapat dicuri dan disalahgunakan. Dengan demikian tentunya akan sangat merugikan bagi Anda bukan? Jadi jangan pernah ambil risiko ya!

  1. Pilih Situs Jual Beli Online yang Memiliki Reputasi

Langkah yang satu ini mungkin terbilang sepele, namun hal ini dapat sangat membantu bagi Anda. Pilihlah toko online yang didukung oleh fitur yang bagus dan memadai. Mulai dari fasilitas pemesanan, cara pembayaran, pengiriman, bahkan penanganan aduan yang relatif lebih mudah dan aman.

Selain itu, Anda juga harus aktif membaca ulasan pelayanan yang terdapat dalam forum pelanggan. Anda juga perlu mencari reputasi dan skor mengenai situs toko online tersebut di internet. Tak hanya itu, pastikan sistem keamanan toko online yang Anda pilih menggunakan teknologi SLL yang bermanfaat untuk melindungi transaksi Anda di dunia maya.

  1. Pilih Seller yang Berkelas

Pada umumnya setiap toko online pastinya memiliki kredibilitas para seller yang menggelar lapak di situs mereka. Salah satu yang kerap Anda jumpai adalah pemberian rating dan ulasan dari pembeli yang dapat dengan mudah dijumpai di laman penjual tersebut. Semakin tinggi rating maka semakin terpercaya seller tersebut. Jadi pastikan Anda memilik seller yang bagus.

  1. Teliti Memeriksa Daftar Harga

Hal selanjutnya yang harus Anda lakukan adalah telitiĀ  dalam memeriksa daftar harga. Anda harus jeli soal harga, maka satanglah penting membandingkan harga antar seller satu dengan seller yang lainnya. Pilihlah seller berkelas yang menawarkan produknya dengan harga yang terjangkau namun tetap memiliki mutu dan kualitas yang terjamin.

  1. Pilihlah Metode Pembayaran yang Aman

Seiring perkembangan teknologi, semakin banyak pula cara pembayaran yang dapat Anda pilih. Mulai dari transfer bank maupun menggunakan kartu kredit. Mulai dari Cash On Delivery atau COD hingga rekening bersama. Bagai Anda yang memiliki kartu kredit cara pembayaran dengan menggunakan credit card jauh lebih menguntungkan.

Namun bagi Anda yang tidak memiliki kartu kredit tak perlu merasa khawatir, Anda dapat melakukan pembayaran dengan cara Cashon Delivery (COD) yang pastinya aman. Jadi hal yang perlu Anda lakukan adalah memilih cara pembayaran yang paling membuatmu aman dan nyaman.

  1. Periksa Rangkuman dan Deskripsi Barang

Merupakan hal yang wajib bagi Anda untuk memeriksa kembali barang-barang pesanan Anda selama belanja online. Pastikan untuk memeriksa ulang barang pesanan Anda sebelum menekan tombol selesai atau bayar. Cek total harga dan kondisi barang dan pengirimannya.

Nah, di atas merupakan beberapa hal yang perlu Anda perhatikan sebelum belanja online yang dapat membantu Anda yang hobi online shopping. Ingat meskipun berbelanja secara online merupakan hal yang menyenangkan, namun jangan sampai hal tersebut dapat merugikan diri sendiri ya. Selamat berbelanja.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *