6 Tips Cerdas Cara Sewa Apartemen Jakarta Untuk Pemula

Properti

Untuk daerah Jakarta yang padat, hunian seperti apartemen kadang menjadi pilihan yang menarik bagi sebagian orang. Pasalnya, kita tidak tidak perlu direpotkan dengan ketersediaan lahan yang luas, harus melalui proses pembangunan dan lainnya layaknya ketika ingin membangun rumah pada umumnya. Oleh karena itu, kini banyak agen property yang menawarkan penjualan ataupun sewa apartemen Jakarta . Ya, apartemen tidak selalu diperjual belikan, tetapi juga ada yang bisa di sewa, baik dalam jangka waktu harian atau bulanan.

Bagi anda yang ingin menyewa apartemen di Jakarta dan belum pernah sama sekali melakukannya atau baru pertama kali, mungkin akan sedikit bingung begaimana memilih apartemen yang tepat. Untuk membantu anda dalam menemukan apartemen yang tepat sesuai kebutuhan, simak beberapa tips cerdas memilih sewa apartemen Jakarta berikut ini.

1.      Lokasi Apartemen

Letak apartemen menjadi hal utama yang harus anda perhatikan, apakah terletak pada lokasi yang strategis atau tidak. Biasanya, apartemen dengan lokasi strategis memiliki harga sewa yang lebih tinggi, namun hal ini tentu sebanding dengan kemudahan yang didapatkan. Setidaknya dalam hal akses jalan atau ke beberapa tempat penting akan memudahkan anda nantinya. Pertimbangan lainnya, jika anda perlu menyewa apartemen untuk perjalanan/urusan bisnis, maka bisa memilih apartemen yang letaknya dekat dengan tempat usaha sehingga tidak perlu waktu lama untuk bisa sampai ke tujuan.

2.      Harga Yang Ditawarkan

Saat anda mengetahui harga yang ditawarkan untuk 1 unit apartemen, jangan langsung beranggapan murah atau mahal tanpa melihat langsung kondisi apartemen serta mengetahui berbagai fasilitas yang tersedia dan ketentuan yang berlaku. Bandingkan harga yang ditawarkan dengan tipe apartemen, apakah cukup sebanding atau tidak? Biasanya, ada beberapa tipe apartemen yang bisa dipilih, dimana masing-masing memiliki luas serta fasilitas yang berbeda. Jika anda hanya menyewa apartemen untuk dihuni seorang diri atau berdua saja, maka memilih apartemen dengan tipe standar rasanya sudah cukup. Sekedar apartemen dengan luas yang sedang dengan kamar tidur, ruang santai, dapur dan kamar mandi tentu lebih pas untuk ditempati.

3.      Pilih Cara Pembayaran

Pemilik apartemen mungkin saja menawarkan beberapa pilihan metode pembayaran, katahui kelebihan dan kekurangan setiap metode pembayaran yang ditawarkan. Jika saja pembayaran cash dirasa lebih menguntungkan ,maka pilih metode pembayaran ini. Terkadang, ada pihak pengelola apartemen yang memberikan diskon untuk pembayaran di muka dan cash. Namun, apabila budget anda terbatas, maka bisa memilih untuk melakukan pembayaran secara bertahap, tentu saja ini dilakukan setelah adanya kesepakatan terlebih dahulu dengan pemilik apartemen.

4.      Biaya Tambahan

Untuk sewa apartemen Jakarta yang memakan waktu agak lama misalnya 1 bulan lebih, anda mungkin perlu dikenakan biaya tambahan seperti biaya pemeliharaan, biaya kebersihan, keamanan dan lainnya. Tanyakan mengenai hal ini di awal ketika menyewa apartemen, jika memang dikenakan biaya tambahan, apakah sudah termasuk ke dalam harga sewa atau tidak? Jika tidak, itu artinya anda perlu biaya lebih diluar biaya sewa apartemen.

5.      Fasilitas

Mengetahui apa saja fasilitas yang ada dan bisa anda nikmati menjadi hal lainnya yang patut anda ketahui saat ingin menyewa apartemen. Ketersediaan fasilitas sangat menunjang berbagai aktvitas anda, misalnya saja adanya wifi gratis. Jika anda seorang pekerja yang sering melakukan akses internet, maka adanya fasilitas layanan wifi gratis akan sangat membantu kemudahan dalam bekerja. Selain itu, fasilitas lainnya seperti area parkir yang memadai, layanan keamanan, tempat bersantai dan lainnya juga perlu untuk kenyamanan selama tinggal di apartemen.

6.      Syarat dan Ketentuan

Tips terakhir yang kiranya perlu anda terapkan adalah memahami apa saja syarat dan ketentuan yang berlkau utnuk setiap penyewa apartemen. Semakin memahami dan menegtahui secara jelas setiap syarat dan ketentuang yang diberlakukan oleh pihak pengelola/pemilik apartemen, maka akan semakin mudah pula anda dalam menemukan apartemen yang tepat. Untuk itu, tanyakan mengenai hal ini kepada pemilik apartemen.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *