7 Tips Utama Pilih Avanza Bekas Berkualitas

Otomotif

Mobil pribadi sudah menjadi kebutuhan masyarakat modern untuk mempermudah mobilisasi. Tak jarang, mobil second menjadi alternatif pilihan. Avanza bekas adalah salah satu yang diminati. Mobil andalan keluarga yang berkapasitas sampai 8 orang ini sangat memadai dengan spesifikasi unggulnya. Agar tak salah pilih, tetap saja Anda memerlukan tips beli Avanza second berikut ini.

  1. Memeriksa Catatan Servis

Perlu diingat, tidak semua orang menjual mobilnya karena kondisinya tak lagi baik. Tidak sedikit mobil bekas yang dijual karena pemiliknya sudah bosan dan ingin mengganti mobil baru sesuai tren. Untuk memastikan alasan tersebut, Anda harus menanyakan tentang catatan servis.

Keterangan ini sangat penting untuk mengetahui riwayat perawatan mobil sampai kondisi terakhirnya sebelum dijual pemiliknya. Pastikan bahwa catatan servisnya lengkap dan berkala, sehingga membuktikan jika mobil tersebut rutin diservis. Anda juga mengetahui riwayat kondisi mobil secara lengkap dari hasil servis.

  1. Memeriksa Kondisi Fisik

Setelah mengetahui catatan servis, Anda bisa langsung memeriksa kondisi fisik mobil. Periksalah secara menyeluruh mulai dari bagian interior sampai eksteriornya. Bagian interior yang sangat inti harus dipastikan masih prima. Berbagai komponen interior yang harus diperiksa adalah sistem audio, switch lampu, area kemudi, dan AC. Periksa juga bagian jok, dashboard, plafon, dan karpet.

Berikutnya adalah pemeriksaan eksterior mobil secara menyeluruh. Pastikan bahwa kondisi pintu, kaca mobil, dan kap mesin masih orisinil. Sesuaikan semuanya dengan spesifikasi mobil agar yakin.

Perhatikan pula cat mobil apakah sudah belang atau masih dalam kondisi baik dan rapi. Mengenai struktur rangka mobil, pastikan masih dalam kondisi prima dan tidak ada bekas perbaikan atau kecelakaan.

  1. Melakukan Test Drive

Bagian sangat penting yang tak boleh terlewatkan adalah test drive. Anda harus melakukannya demi mengetahui performa mesin mobil. Usahakan memilih mobil yang masih mudah di-starter, suara mesinnya tidak kasar, dan tidak ada komponen mesin yang bocor.

Rasakan pula performa mobil saat mengemudikannya di jalan raya. Perhatikan performa mesin, transmisi dan kaki mobil, rem, dan kenyamanan dalam berkendara agar Anda benar-benar mengetahui performa mobil yang bersangkutan.

  1. Waspada Harga Miring

Poin berikutnya yang harus diketahui adalah waspada terhadap harga miring. Jangan langsung percaya jika Anda ditawari mobil bekas dengan harga sangat murah dibandingkan harga pasarnya. Risikonya akan lebih besar dan rawan penipuan.

Untuk penawaran tersebut, Anda harus memeriksa kondisi mobilnya dengan sangat jeli dan mengetahui alasan mengapa ditawarkan sangat murah. Jika tidak ingin mengambil banyak risiko, maka hindari saja penawaran dengan harga miring tersebut. Pilihlah mobil bekas dengan harga wajar saja.

  1. Memastikan Kelengkapan Dokumen

Hal penting berikutnya yang tidak boleh terlewat adalah kelengkapan dokumen. Anda harus memastikan terdapat berbagai dokumen mobil yang resmi sesuai nama pemiliknya, di antaranya BPKB, STNK, dan faktur. Sesuaikan antara nomor mesin mobil dengan nomor rangka dan pastikan fisik mobil sesuai dengan semua dokumennya.

  1. Memastikan Terdapat Asuransi

Akan lebih baik jika mobil bekas yang Anda beli juga mempunyai asuransi. Pertanggungan atas kerusakan atau gangguan pada mobil di kemudian hari akan langsung terjamin. Proses alih nama juga dapat segera dilakukan dengan mudah. Kondisi ini akan memudahkan Anda dalam mengurus program asuransi untuk mobil tersebut. Jika belum ada, maka Anda bisa mulai mendaftarkannya.

  1. Membawa Rekan Mekanik Ahli

Sebagai saran, Anda bisa membawa serta mekanik ahli atau teman yang memahami dunia otomotif. Keutamannya adalah Anda bisa benar-benar mengetahui kondisi mobil bekas dan bisa memilih produk terbaik, tanpa takut ditipu.

Demikianlah berbagai tips beli mobil Avanza bekas yang sangat perlu diterapkan. Melalui tips tersebut, Anda akan lebih mudah mendapatkan produk berkualitas, meskipun berupa produk second. Performa yang masih prima akan mendukung kenyamanan juga keselamatan selama berkendara.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *