8 Tempat Bersejarah di Surabaya yang Cocok untuk Peringati Hari Kemerdekaan Indonesia

Travel

Rekomendasi tempat wisata yang mempunyai nilai sejarah yang bisa kamu kunjungi sekaligus untuk memperingati Hari Kemerdekaan. Dikenal sebagai Kota Pahlawan, Surabaya mempunyai beragam destinasi bersejarah mulai dari Tugu Pahlawan, Penjara Kalisosok hingga Museum WR Soepratman. Dilansir dari berbagai sumber, simak beragam tempat wisata yang memiliki nilai sejarah yang bisa kamu kunjungi di Kota Pahlawan, Surabaya, Jawa Timur.

Tugu Pahlawan adalah sebuah ikon Kota Surabaya yang dibangun untuk memperingati Hari Pahlawan yang terletak di tengah Taman Kebonrojo, tepatnya di seberang kantor Gubernur Jawa Timur. Di dekat tugu ini terdapat sebuah museum, letaknya di bawah piramida yang terbuat dari kaca. Di museum tersebut, kamu dapat menyaksikan patung peraga dan ukiran ukiran yang menggambarkan peristiwa 10 November 1945.

Museum ini juga memamerkan koleksi pidato Bung Tomo dan rekaman suara Bung Tomo saat menolak ultimatum tentara sekutu yang mengharuskan rakyat Surabaya menyerah. Monumen Bambu Runcing dibangun untuk memperingati para pahlawan yang sudah bertarung melawan penjajah pada saat itu. Monumen Bambu Runcing menjadi satu tempat bersejarah di Surabaya yang terletak di Jalan Panglima Sudirman, atau tepat di tengah Kota Surabaya.

Monumen ini terdiri dari lima buah pilar dengan ukuran dan tinggi yang berbeda beda. Selain itu, di sekitar monumen ini terdapat taman kecil dengan beragam bunga dengan varian warna warni yang indah. Gedung Internatio dibangun pada tahun 1920 dan diketahui sebagai markas bagi tentara sekutu yang juga sekarang menjadi saksi sejarah.

Gedung ini diketahui sebagai saksi bisu sekaligus lokasi tewasnya pimpinan tentara Inggris Brigadir Jenderal Aubertin Mallaby yang menjadi pemicu meletusnya pertempuran 10 November 1945. Hingga kini sosok pemuda Indonesia yang menembak Mallaby masih menjadi misteri. Gedung Cerutu dibangun pada 1916, mulanya adalah kantor perusahaan gula.

Julukan cerutu ini muncul karena bentuk menara gedung ini yang menyerupai bentuk cerutu. Pada awalnya gedung ini sempat terbengkalai, namun kini sudah beralih fungsi menjadi hotel yang bernama Hotel Acardia. Monumen Kapal Selam atau sering juga disebut dengan nama Monkasel merupakan sebuah museum kapal selam tempat bersejarah di Surabaya.

Monumen ini terbuat dari sebuah kapal selam KRI Pasopati 410 yang merupakan salah satu armada Angkatan Laut Indonesia. Kapal selam ini sendiri dibuat oleh Uni Soviet pada tahun 1952 dan pernah terlibat dalam Pertempuran Aru Samudera untuk membebaskan Papua Barat dari kependudukan Belanda. Penjara yang terletak di Jalan Kalisosok ini konon ditakuti dan dibangun pada masa Gubernur Jenderal Herman Williams Daendels.

Penjara ini termasuk salah satu saksi sejarah peristiwa 10 November 1945 dan juga sebagai tempat dimana pencipta lagu Indonesia Raya, WR Soepratman ditahan. Hotel Yamato saat ini dikenal dengan nama Hotel Majapahit ini sudah ada dari masa penjajahan kolonial Belanda dan bertahan hingga sekarang. Disebut sebagai tempat bersejarah, karena hotel ini menjadi saksi peristiwa perobekan warna biru di bendera Belanda menjadi bendera Merah Putih.

Di Surabaya kamu juga bisa menemukan museum pencipta lagu Indonesia Raya, yakni Museum WR Soepratman yang terletak di Jalan Tambaksari. Museum ini menjadi alah satu tempat bersejarah di Surabaya dan berada dekat dengan makam Soepratman yang meninggal pada tanggal 17 Agustus 1938. Di sini amu dapat melihat tulisan asli dari WR Soepratman ketika beliau membuat lagu Indonesia Raya serta instrumen biola yang menemaninya saat menciptakan lagu lagu kebangsaan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *