Alasan Anda Wajib Isolasi Mandiri Meskipun Rapid Test Negatif

Kesehatan

Penerapan new normal diharapkan bisa mengembalikan situasi perekonomian yang alami penurunan drastis selama kebijakan PSBB beberapa waktu terakhir. Namun, fakta di lapangan menunjukkan bahwa kedisiplinan masyarakat untuk menjaga kebersihan diri masih minim. Jangan heran kalau kasus infeksi virus COVID-19 terus meningkat di Indonesia. Jika Anda memiliki faktor risiko tertular virus corona, sebaiknya segera melakukan covid test sesuai aturan pemerintah.

Pemerintah memberikan kebijakan aturan rapid test untuk orang-orang yang memiliki faktor risiko tinggi seperti ODP yang melakukan riwayat perjalanan ke luar negeri atau lokal, bersinggungan dengan pasien positif hingga orang yang memiliki interaksi sosial cukup tinggi. Aturan isolasi mandiri wajib diterapkan meskipun rapid test Anda menunjukkan hasil negatif. Kenapa, ya?

Manfaat melakukan isolasi mandiri setelah melakukan rapid test

Rapid test positif atau negatif mewajibkan orang yang melakukan prosedur tes untuk isolasi mandiri. Hasil rapid test positif bisa memberikan indikasi pernah terinfeksi virus, sedangkan rapid test negatif bisa saja terindikasi virus yang sama. Hanya saja antibodi belum membentuk serangan virus corona tersebut. Kasus pernah terjadi pada remaja asal Banjarnegara yang melakukan rapid test dengan hasil negatif, namun tes swab menunjukkan ia tertular virus corona.

Dengan melakukan isolasi mandiri di rumah, setidaknya ODP bisa menghindari risiko menjadi carrier atau pembawa virus corona pada orang lain. Jangan sampai orang yang memiliki hasil tes negatif sudah terinfeksi virus alias OTG atau Orang Tanpa Gejala. Ia merasa diri sehat dan tidak tertular penyakit sehingga tetap melakukan aktivitas biasa seperti bepergian, berkerumun dan berinteraksi dengan orang lain. Dengan melakukan isolasi dan covid test mandiri, Anda bisa mencegah penularan virus corona menyebar dengan cepat.

Cara mengukur kesembuhan setelah isolasi mendiri

Ada beberapa parameter kesembuhan orang yang melakukan isolasi mandiri terkait virus corona antara lain:

  1. Tidak ada keluhan selama masa inkubasi

Masa inkubasi virus corona 14 hari sehingga orang yang melakukan isolasi mandiri sukses tidak mengalami keluhan sejak awal hingga akhir.

  1. Sembuh dari keluhan setelah dua minggu

Sejak hari pertama melakukan isolasi mandiri, penderita yang alami gejala batuk atau demam merasa lebih baik atau sehat. Tentu petugas medis akan tetap mengawasi proses isolasi mandiri yang dilakukan pasien yang memiliki gejala virus corona.

  1. Pasien positif yang dinyatakan sembuh tetap melakukan isolasi mandiri selama dua minggu

Meskipun sudah sembuh dari virus corona lewat pemeriksaan terakhir yang menunjukkan hasil negatif, pasien wajib mematuhi aturan untuk isolasi mandiri di rumah. Pembatasan interaksi tetap harus dilakukan meskipun pasien sudah dinyatakan sembuh setidaknya 14 hari. Petugas medis akan memantau kesehatan pasien yang diperbolehkan keluar dari rumah sakit.

Ditengah pandemi yang terjadi di Indonesia, orang yang dinyatakan lulus dari isolasi mandiri tetap harus melakukan anjuran pemerintah untuk menjaga jarak dan rutin mencuci tangan dengan sabun. Sebisa mungkin tetap menghindari aktivitas yang berkerumun di luar ruangan sebab Anda tidak tahu siapa yang menjadi carrier atau pembawa virus. Orang yang telah terinfeksi virus namun tidak menunjukkan gejala harus diwaspadai. Oleh sebab itu, seseorang yang rentan tertular virus harus melakukan isolasi mandiri sebagai pencegahan terbaik.

Jika Anda memiliki faktor risiko yang bisa saja tertular karena perjalanan dari daerah zona merah atau penyebab lain, bisa memilih untuk melakukan rapid test mandiri. Segera hubungi dokter spesialis yang siap membantu pelayanan covid test di daerah Anda. Anda bisa mencari informasi terkait dokter spesialis di Halodoc sekarang juga. Dapatkan informasi yang lengkap dan akurat termasuk konsultasi tes virus corona yang berkualitas di website resmi, ya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *