Bahaya Penyakit Bronkitis, Penyebabnya, dan Cara Mengatasinya

Kesehatan

Bronkitis adalah penyakit yang terjadi pada bagian paru-paru, terlebih untuk Anda yang punya kebiasaan merokok. Penyakit ini bisa dialami oleh siapa saja tanpa memandang usia. Dalam jangka panjang kondisi kesehatan bisa semakin memburuk, bahkan mengalami komplikasi. Berikut bahaya dari penyakit bronkitis, penyebab, dan cara untuk mengatasinya.

Bahaya yang Akan Dialami

Anda yang menderita penyakit ini akan mengalami masalah di bagian saluran besar paru-paru. Akibatnya akan kesusahan untuk bernapas dengan lancar. Selain itu, bronkus bisa menyebabkan peradangan karena adanya infeksi virus atau bakteri. Anda juga akan mengalami batuk dalam jangka panjang yang membuat dada menjadi sesak.

Penyebab Terjadinya Penyakit Bronkitis

Penyebabnya bisa karena virus dan bakteri yang bisa diketahui dengan adanya batuk berdahak. Jumlah dahak yang semakin banyak bisa membuat saluran pernapasan menjadi sempit sehingga terasa sesak. Virus ini bisa terjadi karena terhirup dahak yang ada di udara dari penderita lainnya ini dinamakan tertular.

Penyebab lainnya bisa karena zat kimia tertentu yang masuk ke dalam tubuh. Biasanya ini terjadi pada Anda yang merokok. Zat kimia berbahaya di dalam rokok bisa merusak bagian paru-paru dan penyakit ini bisa dialami dengan cepat.

Penyebab lainnya Anda mengalami penyakit ini karena jamur yang berkembang di bagian paru-paru. Kondisi ini bisa terjadi karena sistem kekebalan tubuh rendah sebab Anda belum pernah mendapatkan vaksin.

Cara Mengatasi Penyakit

  1. Pengobatan Antibiotik

Anda bisa mengatasi penyakit ini dengan memberikan antibiotik dari resep dokter. Pengobatan ini diberikan saat penyakit tak kunjung sembuh. Pengobatan lainnya yang akan diberikan seperti inhaler jika Anda memiliki penyakit asma dan alergi yang parah.

  1. Terapi

Penyakit pada paru-paru ini bisa diatasi dengan melakukan terapi rehabilitasi paru-paru. Terapi yang dilakukan untuk mengatasi penyakit ini akan membantu meningkatkan kapasitas paru-paru penderita. Anda nantinya akan menjadi lebih mudah bernapas setelah rutin melakukan terapi.

  1. Kebersihan Rumah

Cara mengatasi penyakit paru-paru dengan menjaga kebersihan rumah. Anda bisa mendapatkan udara yang bersih dengan menggunakan humidifier untuk bisa menyembuhkan penyakit paru-paru. Udara akan menjadi lebih lembap dengan humidifier yang mengurangi batuk akibat penyakit paru-paru.

  1. Masker

Anda yang banyak aktivitas di luar rumah sebaiknya menggunakan masker untuk mengatasi penyakit agar tidak ada zat berbahaya yang terhirup. Ini akan mencegah bakteri atau virus masuk ke saluran pernapasan dan secara tidak langsung Anda akan tercegah dari penyakit ini atau kondisi penyakit tidak semakin parah.

  1. Memperbaiki Pola Hidup

Memperbaiki pola hidup merupakan cara yang bisa dilakukan untuk mengatasinya. Anda bisa memulainya dengan mengonsumsi makanan sehat. Makanan yang memenuhi nutrisi dan kebersihannya terjaga, sehingga daya tahan tubuh akan tercegah dari risiko infeksi paru-paru yang semakin parah. Selain itu, kondisi saluran pernapasan bisa semakin membaik.

Anda juga bisa memperbaiki pola hidup dengan melakukan olahraga secara teratur untuk menjaga berat badan dan sistem pernapasan bisa membaik. Olahraga akan melatih paru-paru untuk bisa bekerja dengan optimal tanpa adanya masalah. Anda hanya perlu melakukan olahraga setengah jam saja secara rutin minimal dua atau tiga kali dalam seminggu.

Jangan abaikan kondisi kesehatan Anda jika sudah ada tanda-tanda dari penyakit bronkitis. Segera lakukan pemeriksaan ke dokter untuk bisa segera mengatasinya agar tidak semakin parah. Jaga kebersihan diri agar tidak terinfeksi virus atau bakteri penyebab penyakit paru-paru ini. Gunakan sabun yang tepat dengan kualitas perlindungan terbaik setiap harinya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *