Cara Kerja Transmisi CVT di Toyota Corolla

Otomotif

PTToyota Astra Motor (TAM) memperkenalkanToyotaCorolla Altis2019 di Indonesia (12/9). Terdapat tiga varianToyotaCorolla Altis1.8 G, 1.8 V, dan Hybrid Electric Vehicle (HEV) yang semuanya menggunakan transmisi otomatisCVT. Perpindahan gigi di transmisiCVTmemakaisabuk baja atau belt yang menghubungkan dua puli (pulley).

Pulley yang dimaksud adalah drive pulley atau yang menggerakkan dan driven pulley yang digerakkan. Secara komputerisasi kedua pulley ini masing masing dapat bergerak ke kanan atau kiri sehingga berubah menyempit atau melebar tergantung dari perpindahan gigi. "Efek dari pergerakan kedua pulley ini membuat diameter sabuk akan berubah yang menjadi rasio gigi pada transmisiCVT," jelas Hermas Efendi Prabowo, pemilik bengkel spesialis Worner Matic.

Karena rasio gigi menggunakan diameter dari belt, maka rasio gigi cenderung lebih luas tidak seperti transmisi otomatis konvensional yang rasionya terbatas dari mata gear. Mobil dengan transmisiCVTbisa melaju konstan dengan kecepatan tinggi dengan putaran mesin yang rendah. "Karena itulah banyak pabrikan pakaiCVTkarena bahan bakar bisa lebih efisien dan perpindahan gigi halus tanpa entakan sehingga lebih nyaman," ujar Hermas.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *