Cara Konsultasi Dokter Hingga Membeli Obat Melalui Aplikasi SehatQ

Kesehatan

Kecanggihan teknologi memudahkan kita melakukan banyak hal, tak terkecuali ketika sakit dan harus berobat atau menemui dokter. Anda hanya perlu mendownload aplikasi kesehatan SehatQ  sebagai sarana berobat online yang hemat dan mudah. Berikut ini langkah-langkah konsultasi dokter hingga membeli obat  di aplikasi tersebut.

  1. Bukan website atau download aplikasi

Langkah pertama ialah mendownload aplikasi kesehatan ini di Play Store maupun Apple store. Atau Anda juga bisa membuka halaman websitenya di SehatQ.com. Setelah membuka aplikasi, Anda akan melihat banyak fitur-fitur di bagian atas seperti Toko, Obat, Artikel, Tindakan Medis, Rumah Sakit, Penyakit, Chat Dokter, Promo, Forum, dan Acara.

Pilih Toko untuk membeli obat-obatan juga pembelian barang lainnya selain obat-obatan seperti perlengkapan ibu dan bayi, perawatan tubuh, perawatan wajah, kecantikan, alat kesehatan, vitamin, mineral dan suplemen, hingga makanan dan minuman.

Sehingga sangat lengkap untuk memenuhi kebutuhan Anda. Atau pilih fitur Obat yang  memberikan informasi lengkap dan akurat mengenai beragam jenis obat yang akan Anda beli.

Selain itu, platform kesehatan ini juga memberikan keterangan apakah obat tersebut merupakan obat yang memerlukan resep dokter, obat bebas terbatas yakni obat yang  boleh dibeli secara bebas tanpa resep dokter. Fitur ini juga dilengkapi tentang aturan pemakaian hingga bahan yang terkandung dalam obat tersebut.

  1. Konsultasi dokter

Untuk layanan konsultasi, Anda bisa menggunakan dua fitur yakni pada fitur Tindakan medis dan fitur Chat Dokter. Pada fitur tindakan medis ini menampilkan artikel-artikel yang ditulis oleh dokter-dokter profesional dan berpengalaman di bidangnya.

Selain menampilkan informasi mengenai tindakan medis tertentu, Anda juga bisa bertanya di kolom pertanyaan yang disediakan pada akhir penjelasan. Dokter akan menjawab pertanyaan Anda dengan segera.

Cara kedua ialah melalui chat dokter. Sebelum menggunakan fitur ini, Anda harus Login dulu menggunakan email atau akun Facebook. Selanjutnya lengkapi profil Anda seperti tempat dan tanggal lahir hingga jenis kelamin. Kemudian Anda akan kembali ke halaman awal. Setelah itu klik fitur ‘Chat Dokter’ lalu akan muncul tulisan ‘Konsultasi Online’.

Kemudian di bawahnya terdapat kolom ‘keluhan’ yang bisa diisi dengan pertanyaan serta deskripsi keluhan penyakit Anda. Jangan lupa isi nama, tanggal lahir, jenis kelamin, berat badan, tinggi badan. Lalu isi juga mengenai riwayat penyakit, konsumsi obat, dan riwayat alergi. Setelah itu klik ‘Mulai Konsultasi’.

Kemudian dokter akan membalas sesuai penyakit apa yang sekiranya sedang Anda alami. Lalu, ia juga akan memberikan resep obatan-obatan yang bisa dibeli di fitur aplikasi ataupun di apotek terdekat beserta aturan minum dan penjelasan lainnya.

  1. Pembelian obat

Setelah selesai berkonsultasi dengan dokter, Anda akan diberikan beberapa obat resep dokter. Obat tersebut bisa Anda beli melalui aplikasi kesehatan ini secara langsung. Caranya, klik fitur ‘toko’ pada aplikasi kemudian ketik nama obat pada kolom pencarian.

Selanjutnya obat tersebut akan muncul disertai penjelasan atau deskripsi produk dan review pembeli juga harganya. Selain itu, dilengkapi juga dengan indikasi kegunaan obat, kandungan, dosis serta cara pemakaian.

Kabar baiknya, aplikasi ini kerap memberikan diskon atau promo hingga 50% untuk obat-obatan tertentu sehingga harga yang ditawarkan lebih murah dibandingkan membeli di apotek secara langsung.

Apabila Anda ragu dengan resep obat yang diberikan oleh dokter, Anda bisa membaca deskripsi lengkapnya pada fitur ‘Obat’. Fitur ini memudahkan Anda untuk memahami produk lebih detail dengan penjelasan yang lebih lengkap. Anda juga bisa mencari segala bentuk obat dalam sekali klik menggunakan fitur direktori tag yang tersedia pada aplikasi tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *