Cara Memilih Spare Part Drone yang Murah dan Berkualitas

Tekno

Drone merupakan jenis pesawat kecil tanpa awak yang mempunyai fungsi bermacam-macam. Fungsi dari drone tersebut salah satunya adalah untuk memantau kegiatan dari atas udara. Namun, bagaimana jika drone yang Anda miliki rusak dan harus mengganti spare part-nya. Berikut cara memilih spare part drone yang murah agar dapat produk yang berkualitas.

  1. Frame

Pilihan dari komponen ini sangatlah bermacam-macam tergantung pada rotor yang ingin dipakai. Anda dapat memilih rotor yang dipakai antara lain tricopter, quadcopter, hexacopter atau bahkan lebih banyak lagi. Bahan yang digunakan untuk merakit sendiri juga sangatlah bervariasi. Anda dapat menggunakan kayu, alumunium, sampai bahan buatan pabrik.

Cara untuk memilih kompone ini adalah dengan semakin banyak rotor yang dimiliki oleh drone, maka relatif semakin kuat untuk mengangkat bebannya.Ad juga dapat memilih material yang ringan agar dapat mengurangi beban untuk menambah kemampuan masa terbangnya. Selain itu presisi juga perlu diperhatikan karena menentukan kestabilan di udara.

  1. ESC (Electronic System Controler)

ESC merupakan komponen yang sangatlah penting karena mempunayi tugas untuk mengubah signal yang diterima untuk dapat memberikan supply listrik yang sangat diperlukan ke masing-masing motor. Pada penggunaan quadcopter misalnya perlu membutuhkan empat buah ESC.

Bagi Anda yang akan memilih komponen ini perlu diperhatikan tergantung dari motor dan baterai yang akan digunakan nantinya. Ukuran dari ESC ini biasanya dinyatakan dalam bentuk arus mulai dari 10 A, 20 A, 30 A dan seterusnya. Jika Anda mempunyai drone dengan quadcopter dengan ukuran kecil, ESC 10 A-15 A sudahlah cukup.

Namun bila ukurannya lebih besar, dapat menggunakan ukuran 30 A. Anda juga harus memperhatikan maksimum volt yang mampu diterima oleh ESC agar sesuai dengan baterai yang akan digunakan.

  1. Motor

Motor ini biasa digunakan untuk multi rotor. Bagian tersebut adalah bagian yang berputar baik luar maupun casing-nya. Jika Anda akan memilih spare part drone ini dapat dilihat dari ukuran dimensi motor juga kekuaatan dari putaran motor dalam satuan kV atau rpm/v.

Cara untuk mengetahui baik tidaknya yakni bila semakin tinggi akan semakin kuat putaran dan juga tenaganya. Hal tersebut tentu akan semakin membutuhkan arus listrik dalam jumlah yang besar. Saat Anda memilih jenis motor tersebut, perlu dipasangkan dengan propoller dan ESC yang sesuai.

  1. Baling-baling

Baling-baling atau propeller merupakan komponen dari sebuah drone. Cara yang dapat Anda gunakan untuk memilih baling-baling ini adalah berdasarkan ukuran, bahan dan presisi pembuatannya yang akan berpengaruh pada keseimbangannya.

Ukuran dari baling-baling tersebut biasanya menyatakan panjang x pitch. Bahan yang biasanya digunakan untuk membuat baling-baling ini adalah nilon. composite, dan carbon fiber. Komponen tersebut yang digunakan dalam quadcopter biasanya terdiri dari dua kombinasi yaitu counter wise dan counter clock wise.

  1. Flight Controler (FC)

FC ini merupakan otak atau komputer utama dari sebuah multirotor. Di pasaran banyak sekali jenis dari FC tersebut dan masing-msing akan mempunyai kemampuan dan fitur ekstra. Dapat juga ditambahkan alat-alat pendukung dengan sesuai kebutuhan Anda.

Memilih komponen berkualitas ini dapat dilakukan dengan mencari FC yang banyak diicar oleh penggemar drone. Beberapa pilihan yang dapat jadi rekomendasi adalah APM, Openpilot dan Multiwii.

Pemilihan spare part drone yang berkualitas akan membuat kinerjanya tahan lama. Anda dapat menggunakan cara-cara di atas dalam memilihnya. Dengan kinerja drone yang baik akan membaut kegiatan Anda untuk mengamati suatu aktivitas maupun pemandangan dari udara dapat terlaksana.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *