Cara Mengenali dan Mengatasi Alergi Pada Bayi

Kesehatan

Alergi memang merupakan salah satu masalah yang paling sering dialami oleh bayi. Bahkan tak jarang orang dewasa juga mengalami masalah yang satu ini. Alergi juga dapat disebabkan oleh beberapa faktor. Untuk itu sangat penting bagi orang tua untuk mengenali dan mengatasi alergi pada si kecil. Berikut beberapa faktor yang menyebabkan alergi pada bayi.

Alergi Akibat Faktor Makanan

Tanpa disadari alergi pada sang buah hati yang terjadi akibat faktor lingkungan cenderung lebih sering terjadi. Alergi yang disebabkan karena faktor yang satu ini juga lebih sering dialami oleh bayi berusia 18 bulan ke atas.

Mengapa bisa demikian? Pasalnya pada usia ini, sang buah hati cenderung bisa menunjukkan reaksi alergi terhadap benda-benda yang berada yang ada di sekitarnya. Baik yang berada di dalam ruangan ataupun yang berada di luar ruangan. Contohnya seperti jamur, bulu, kecoak, hewan, serbuk sari, dan lain sebagainya.

Alergi Akibat Faktor Gigitan Serangga

Ada juga beberapa faktor penyebab alergi lainnya yang bisa dialami oleh sang buah hati. Salah satunya adalah gigitan serangga yang dapat membuat kulit si kecil menjadi bengkak, gatal, bahkan memerah. Terlebih lagi kedatangan serangga yang tidak dapat disadari ini dapat menggigit sang buah hati dan menyebabkan alergi.

Pertolongan pertama yang bisa Anda lakukan ketika sang buah hati mengalami masalah yang satu ini adalah oleskan minyak telon ke bagian kulit si kecil yang mengalami gatal-gatal. Hal ini bertujuan untuk memberikan rasa hangat sekaligus melebarkan pembuluh darah di sekitar area yang digigit serangga sehingga anti inflamasi dapat berjalan lebih cepat.

Alergi Akibat Bahan Kimia atau Obat-obatan

Alergi yang terjadi karena faktor yang satu ini cukup bervariasi. Bahkan gejala alergi ini juga dibagi menjadi 2 yakni gejala alergi ringan dan berat. Reaksi gejala alergi ringan hanya sekadar gatal, bengkak, ruam, hingga demam. Gejala alergi ini akan muncul setelah beberapa jam setelah pemberian obat dan hilang dne3gan sendirinya ketika obat dihentikan.

Alergi yang satu ini terjadi karena ada bahan kimia tertentu yang dapat menjadi pemicu terjadinya alergi pada sang buah hati. Misalnya seperti penggunaan detergen yang dapat memunculkan reaksi alergi pada sang buah hati. Untuk itu, pastikan Anda selalu menggunakan detergen yang aman untuk kulit sang buah hati.

Cara Mengatasi Alergi Pada Bayi

Ketika sang buah hati mengalami alergi, pastikan Anda jangan pernah menggaruk permukaan kulitnya. Sebab dikhawatirkan hal ini hanya akan menyebabkan bekas luka yang kemudian menjadi menghitam. Selain itu, pastikan Anda juga jangan sembarangan memakai krim untuk mengatasi alergi pada sang buah hati.

Jika si kecil menunjukkan reaksi alergi yang cukup parah, pastikan Anda berkonsultasi dengan dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat. Pastikan juga sang buah hati selalu menggunakan pakaian yang lembut dan nyaman. Anda bisa menjaga kelembutan pakaian sang buah hati dengan menggunakan produk detergen dari Rinso. Dapatkan produknya sekarang juga hanya di rinso.com.

Pasalnya tanpa disadari penggunaan pakaian yang lembut dan nyaman juga mampu mengurangi risiko terjadinya alergi pada kulit sang buah hati. Sayangi si kecil mulai dengan selalu memberikan pakaian yang lembut dan nyaman untuk sang buah hati.

Nah di atas merupakan cara mengetahui dan mengatasi alergi pada bayi. Hal yang paling penting untuk Anda perhatikan adalah kenali dan ketahui apa penyebab alergi yang terjadi pada sang buah hati. Dengan mengetahuinya maka Anda akan lebih mudah dalam melakukan proses pencegahan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *