Cerita Ashanty Soal Penyakit Autoimun yang Diidapnya Tanpa Gejala dan Dipengaruhi Mood

Kesehatan

— Ashanty didiagnosis dokter mengalami penyakit autoimun atau pada sistem kekebalan tubuh. Beruntungnya Ashanty masih mengalami penyakit imun tahap awal sehingga bisa dicegah dengan terapi yang mulai dilakukannya. Ashanty menceritakan kalau penyakit autoumun yang dialamaninya ini tidak memiliki gejala yang menandakan ia menderita penyakit.

“Awalnya nggak ada yang dirasa, aku nggak ngerasa sakit, kalau penyakit lain, ada demam, flu, panas atau apa. Aku nggak rasa sakit apapun di dalam badan aku,” kata Ashanty saat ditemui di kawasan Jakarta Selatan, Sabtu (19/10/2019). Awal pemeriksaan cek kesehatan pun Ashanty tidak sengaja, niat awalnya hanya ingin mengantarkan Anang Hermansyah yang ingin melakukan terapi pembuluh darah. Biar sekalian mengecek kesehatan Ashanty akhirnya ikut medical checkup, dan ditemukan oleh dokter Ashanty mengidap autoimun.

Setelah dideteksi autoimun Ashanty baru menyadari selama ini ia memang kerap susah tidur, kerap pelupa bahkan saat baru saja menyimpan barang ia bsia lupa menaruhnya. “Tidak ada gejala yang significant, kadang kdang aku nggak bisa tidur sampai pagi, terus aku skip sebentar. Aku abis taruh apa tiba tiba lupa. Salah sedikit jadi besar buat aku,” ungkap Ashanty. Ibu empat anak ini juga menyebutkan saat ini tubuhnya mudah lelah walaupun sudah tidur yang cukup.

“Aku tidur cukup dari jam satu bangun jam setengah sembilan karena minum obat tidur. Tidur cukup pagi nih bangun lelah banget kek orang gak tidur padahal aku tidur, nyenyak, kok lelah banget ya,” papar Ashanty. Ashanty saat ini ia harus mampu mengendalikan mood agar tidak terpancing stres agar penyakitnya tidak semakin parah. Anag Hermansyah, suami Ashanty menceritkan mood Ashanty bisa berbalik dengan sanagat cepat sehingga lingkungan sekitar harus mampu menjag mood Ashanty.

‘“Kadang kadang moodnya bisa berbalik 360 drajat dalam waktu yang cepat. Jadi memang roler coaster, bahwa lingkungan harus mengerti keadaan juga,” kata Anang. Tentunya saat mood Ashanty sedang turun Ashanty bisa sulit diajak berkomunikasi dan mungkin saja menimbulkan gesekan dengan orang yang diajak berkomunikasi “Saat tidak mengeri keadaan pasti akan crash. Pada saat dia moodenya turun dia kana sussah diajak bernegosiasi. Itu dialami oleh poenyakit autoimun,” pungkas Ashanty.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *