Ini Tips Mengendarai Mobil Matic untuk Pemula

Otomotif Tips

Mengganti gigi persneling sekali dua kali mungkin sudah biasa bagi mereka yang terbiasa menggunakan mobil dengan transmisi manual. Hanya saja, bagaimana bila Anda harus membawa mobil matic? Tentunya, Anda jadi pemula dalam hal ini, kan? Tenang, ada tips mengendarai mobil matic yang bisa Anda terapkan agar berkendara bisa lebih nyaman!

  1. Baca Buku Panduan Manualmya

Bila Anda tak terbiasa dengan mobil matic, memang akan sulit dalam mengendarainya. Oleh sebab itu, ada baiknya Anda membaca buku panduan manualnya lebih dulu. Jangan buru-buru mengoperasikan mobil tersebut, pahami dengan seksama lebih dulu paling tidak beberapa jam sebelum Anda mengendarainya.

  1. Ingat Posisi dan Kode Stik Persneling

Berbeda dengan mobil manual yang dipenuhi angka, pada mobil matic kotanya adalah huruf. Huruf tersebut adalah P untuk dalam kondisi parkir. Lalu, ada mode Reverse untuk mode mobil berjalan mundur. Lalu, ada mode N atau netral untuk tanpa gigi dan terakhir adalah D atau drive untuk mobil yang berjalan ke depan.

Anda harus memahami dengan saksama kode-kode tersebut lebih dulu. Jangan lagi mengingat kode 1,2 3 dan seterusnya. Memang, Anda akan menemukan beberapa kode tambahan nantinya. Namun, kode tambahan itu hanya untuk kondisi spesial saja seperti jalanan yang menanjak atau yang memerlukan kecepatan lebih dari biasanya.

  1. Mulai dengan Kode P atau N

Biasakan untuk memulai menghidupkan mobil matic dengan kondisi mobil dalam kode P atau N. Tips mengendarai mobil matic yang satu ini berguna untuk mencegah terjadinya tabrakan akibat mobil yang bergerak tiba-tiba. Selain itu, baiknya Anda membiasakan menginjak rem sebelum memindahkan stik persneling ke posisi D atau drive.

Hal ini berguna untuk menghindari terjadinya tabrakan akibat mobil yang melaju secara tiba-tiba dan terlali kencang. Selain itu, bila mobil tak bisa dinyalakan, baiknya Anda cek dulu persnelingnya. Ada beberapa mobil tipe matic yang sama sekali tak bisa dinyalakan bila posisi persnelingnya belum ada di kode P atau N.

  1. Bebaskan Kaki Kiri

Cobalah untuk bebaskan kaki kiri Anda. Jangan gunakan untuk menginjak rem terus-terusan. Anda harus tahu, feeling dalam menginjak rem menggunakan kaki kanan dan kaki kiri itu berbeda terlebih bila Anda terbiasa membawa mobil manual. Biasanya, kaki kiri akan terbiasa menginjak kopling sedalam-dalamnya sehingga bisa menimbulkan bahaya nantinya.

  1. Buanglah Persepsi Bahwa Rem Sama dengan Kopling

Bagi sebagian orang, masih saja ada yang mengira bahwa rem sama saja dengan kopling. Oleh sebab itu, Anda akan menemukan orang yang dengan pelan-pelan menginjak pedal rem layaknya ia menginjak pedal gas. Kebiasaan ini dipastikan salah dan baiknya Anda menghindarinya. Sebab, ini bisa merusak girboks mobil Anda.

  1. Berhemat dengan Eco Mode

Mobil matic memiliki mode eco yang bisa Anda gunakan untuk efisiensi bahan bakar. Mode yang satu ini sangat pas untuk digunakan di kondisi jalanan perkotaan yang rawan macet atau terlalu ramai. Anda bisa berkendara lebih pelan sehingga kinerja mesin bisa terjaga dan Anda juga tak perlu mengeluarkan dana berlebih untuk bahan bakar.

Nah, itulah beberapa tips mengendarai mobil matic yang bisa Anda terapkan. Tak terlalu susah, kan? Paling penting, Anda memahami lebih dulu hakikat bahwa mengendarai mobil matic dan mobil manual itu berbeda. Oleh sebab itu, Anda tak boleh menyamakan di antara keduanya. Baca aturannya dengan baik terlebih dulu sebelum Anda mengendarainya, ya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *