Jangan Sepelakan, Ini 6 Penyebab Mimisan Pada Anak

Kesehatan

Meski mimisan bukan sesuatu yang membahayakan, namun jika terjadi pada anak kecil hal ini tentu akan membuat kebanyakan orang tua merasa khawatir. Pada dasarnya ada 2 faktor utama yang menyebabkan mimisan yaitu faktor organik atau gangguan kesehatan bayi da faktor gangguan medis. Lantas apa saja sih yang menyebabkan mimisan pada anak? Yuk simak.

Suhu yang Ekstrem

Sekarang ini perubahan suhu dan cuaca yang tidak menentu tentu akan membuat si kecil mudah sakit. Terutama bagi yang memiliki daya tahan tubuh rendah. Ternyata perubahan suhu yang ekstrem dari panas ke dingin ataupun sebaliknya juga menjadi salah satu faktor penyebab mimisan pada anak. Hal ini yang sering memicu terjadinya mimisan pada anak.

Gejala mimisan yang disebabkan karena perubahan suhu yang ekstrem ini hampir sama dengan mimisan yang terjadi akibat infeksi. Terlebih lagi perubahan suhu yang ekstrem ini akan membuat si kecil mudah terserang flu yang membuatnya menyeka hidung. Apabila sekaan tersebut terlalu kuat, bukan tidak mungkin bahwa si kecil akan mengalami mimisan.

Sering Mengorek Bagian Lubang Hidung

Pada dasarnya seorang balita cenderung memiliki rasa ingin tabu yang tinggi terhadap barang yang ada di sekitarnya. Bukan hal yang tidak mungkin bahwa hal yang satu ini membuat si kecil akan memasukkan ke lubang hidung dan memicu terjadinya mimisan pada sang buah hati. Kebiasaan mengorek bagian lubang hidung dengan terlalu keras ini juga ikut memicu terjadinya mimisan.

Bagian Hidung Terbentur atau Terpukul Benda dengan Keras

Tak hanya orang yang memiliki pembuluh darah yang lemah pada bagian hidung saja. Bahkan orang yang memiliki pembuluh darah normal dan bagian hidung terbentur atau terpukul benda dengan keras juga memicu terjadinya mimisan. Jadi pastikan Anda selalu mengawasi tingkah laku sang buah hati saat beraktivitas demi menghindari terjadinya mimisan akibat faktor yang satu ini.

Bagian hidung yang terbentur atau terpukul benda dengan keras akan menyebabkan bagian pembuluh darah pada hidung menjadi pecah. Hal inilah yang menyebabkan pendarahan pada bagian hidung atau mimisan. Terlebih lagi jika si kecil sering kali mimisan karena faktor yang satu ini, pastikan Anda selalu mengawasinya agar tetap aman dan terhindar dari risiko benturan.

Kelelahan

Ternyata kelelahan juga menjadi salah satu faktor penyebab mimisan pada si kecil. Namun pada umumnya mimisan yang satu ini hanya terjadi pada daerah pembuluh darah yang lemah saja. Saat si kecil kelelahan, maka pembuluh darah ini akan semakin merenggang dan akhirnya pecah. Hal ini yang menyebabkan mimisan. Untuk itu pastikan Anda selalu berhati-hati.

Stres

Meski terbilang masih cukup muda dan belum mengetahui apa masalah sesungguhnya, namun bukan berarti anak kecil tidak akan mengalami tekanan yang akan menyebabkan stres. Terlebih lagi tekanan atau stres yang dialami pada anak-anak juga ikut memicu terjadinya mimisan. Hal ini disebabkan karena pembuluh darah pada bagian hidung sang buah hati masih tergolong rapuh.

Alergi

Alergi juga merupakan salah satu faktor yang menyebabkan mimisan pada anak-anak. Pasalnya pada umumnya alergi ini akan membuat si kecil menjadi mudah bersin. Hal inilah yang menjadi salah satu faktor pemicu terjadinya mimisan. Untuk itu jika si kecil memiliki riwayat alergi pada benda-benda tertentu, pastikan Anda segera menjauhkannya.

Itulah beberapa faktor yang menjadi penyebab mimisan pada anak. Meski mimisan bukan merupakan salah satu hal yang berbahaya, namun Anda juga harus tetap waspada. Terlebih lagi jika mimisan tersebut tak kunjung berhenti setelah mendapatkan pertolongan pertama.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *