Kebiasaan Melatih Ingatan untuk Mencegah Pikun di Usia Tua

Kesehatan

Menjaga kesehatan tubuh memang penting.Namun, kita sering lupa bahwa kita juga perlu melatih ingatan atau memori. Jika ingin meningkatkan konsentrasi dan menjaga kesehatan otak,Anda perlu mencari tahu beberapa cara untuk melatih ingatan. Latihanmemori otakmembantu untuk memiliki pikiran yang aktif. Selain itu dapat menghindarkan risiko penyakit otak seperti Demensia dan Alzheimer.

Dikutip Step to Health, ada 5 cara latihan memori ini sangat dianjurkan untuk membantuAnda memiliki pikiran yang lebih muda dan lebih sehat. Bila Anda telah melakukan berbagai aktivitas pada pagi dan siang hari, disarankan untuk me reviewkegiatan itu pada malam hari, sebelum tidur. Meskipun hanya dalam bentuk mengingatnya saja, namun hal ini dapat melatih ingatan, dan fokus kita akan sesuatu.

Menulis buku harian juga menjadi cara yang baik untuk memastikan Moms mengingat apa yang sudah dikerjakan seharian. Banyak orang merasa sulit untuk mengingat sebuah lokasi tempat atau posisinya. Misalnya saja Anda sedang pergi ke supermarket dan lupa dimana letak sayur dan buah. Jika mengalami masalah ini, membuatmind mapsbisa menjadi latihan yang sangat baik untuk meningkatkan memori otak.

Cara melakukan ini sebagai berikut:setiap kaliAnda mengunjungi tempat baru, begitu sampai di rumah, buatkan peta, gambarkan. Ini akan meningkatkan memori, dan bukan hanya memori spasial, tetapi juga memori visual. Apakah Anda kidal? Salah satu latihan memori yang lebih menyenangkan adalah melakukan semua hal yang biasanyaAnda lakukan tetapi dengan tangan non dominan.

Misalnya, jikaAnda tidak kidal (menulis dengan tangan kanan), cobalah menulis atau menyikat gigi dengan tangan kiri. Tentu saja, pada awalnyaAnda akan kesulitan. Namun, ini akan membutuhkan upaya untuk menggunakan tangan yang biasanya tidakAnda gunakan. Ini benar benar positif. Pikiran Anda akan bekerja keras dan berolahraga.

Meskipun mungkin tampak menyulitkan, mengubah kebiasaan sehari hari bisa memengaruhi kerja memori. Misalnya saat pergi bekerja atau belanja ke supermarket. Anda bisa mencoba rute perjalanan yang berbeda dari biasanya. Dalam kehidupan sehari hari, akan ada banyak hal yang dapat digunakan untuk mempelajari sesuatu yang baru setiap hari.

Misalnya, Anda dapat mencoba menghapal nomor telepon baru, itu semua pembelajaran dan itu akan sangat berguna.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *