Kijang Kapsul dan Fakta Menarik Seputar Buraq

Lifestyle

Tak dapat dipungkiri memang jika di Indonesia banyak sekali kendaraan yang import dari luar negri, keadaan yang memaksa demikian. Namun fenomena ini semakin hari terlihat semakin nyata, dengan banyaknya berbagai varian kendaraan dari luar negeri yang berdatangan ke Indonesia. Seolah menjadi kebutuhan tersendiri bagi masyarakat Indonesia khususnya, untuk sering bergonta ganti kendaraan yang disukainya. Hal ini nampak jelas dari import kendaraan dari luar negeri yang cukup banyak selalu habis jika di pasarkan di Indonesia. Melihat keadaan ini, akan sangat terlihat jelas ketika di dalam satu rumah setiap anggota keluarga memiliki kendaraan pribadi masing-masing. Baik itu sebuah mobil, sepedah, dan lain sejenisnya.

Memang pada masa yang serba canggih ini, aktivitas manusia sangat bergantung pada kecanggihan teknologi, diman ketika ingin pergi kemana-mana harus dengan mengenakan kendaraan untuk kelancaran aktivitas yang akan di jalaninya. Semua itu memang tidak dapat dipisahkan dengan para masyarakat milenial seperti saat ini. Salah satu kendaraan yang paling praktis untuk diajak kemana-mana adalah mobil. Selain dapat memuat beberapa penumpang, mobil juga bisa memuat beberapa barang yang dibutuhkan dalam perjalanan. Kijang kapsul, mungkin bagi kalangan tua. Mobil yang satu ini tidak asing mendengarnya, namun lain halnya bakin para pemuda zaman now, apakah mengenalnya. Mobil kijang kapsul ini merupakan salah satu mobil yang dikeluarkan oleh merk toyota. Mungkin untuk beberapa tahun sebelumnya mobil ini sempat tak di hiraukan. Tapi pergesekan generasi, seolah membuat para kaum muda ingin bernostalgia untuk memiliki mobil kijang kapsul tersebut dan memodifikasinya sedemikian rupa.

Mobil kijang kapsul sendiri merupakan salah satu MPV yang cukup populer sebelum adanya MPV seperti sekarang. Mobil kijang kapsul ini merupakan salah satu mobil generasi sebelum kijang innova. Desain yang dimiliki oleh mobil kijang kapsul terlihat timeless (tak lekang oleh waktu).Karena lengkuk tubuhnya yang sudah tak mengotak seperti generasi kijang sebelumnya, bagi sebagian orang hal ini yang membuat daya tarik tersendiri bagi mobil kijang kapsul ini. Mobil kijang kapsul sendiri diproduksi pada tahun 1997 sampai 2003, kijang ini mempunyai dua mesin yang berbeda yakni mesin bensin dan mesin diesel.

Meskipun mobil kijang kapsul ini memiliki usia kepala dua, tapi sebenarnya mobil kijang kapsul ini memiliki banyak kelebihan yang bisa diandalkan, dan untuk perawatannya juga cukup mudah. Kelebihan pertama dari mobil kijang kapsul ini pada harga jualnya, dimana harga dari mobil kijang kapsul ini cenderung stabil, bahkan di beberapa daerah bisa dibilang punya harga tinggi. Selain itu harga suku cadang cukup melimpah. Kelebihan yang kedua adalah perawatannya yang mudah.

Fakta Menarik Seputar Buraq, Kendaraan Nabi Muhammad SAW Saat Isra Mi’raj yang Menakjubkan

Buraq atau dalam bahasa Arab disebut Al-Buraq yang memiliki arti cahaya adalah makhluk yang ditunggangi oleh Nabi Muhammad SAW saat peristiwa isra mi’raj. Isra mi’raj adalah sebuah perjalanan yang dilakukan oleh Nabi Muhammad SAW dari Masjidil Haram menuju Masjidil Aqsho (isra) kemudian dilanjutkan dengan perjalanan dari bumu menuju langit ketujuh dan berakhir di Sidratul Muntaha. Perjalanan ini ditempuh dalam waktu semalam. Nabi Muhammad SAW melakukan isra mi’raj ketika menerima perintah dari Allah SWT untuk menjalankan sholat 5 waktu. Peristiwa isra mi’raj ini diabadikan dalam surah Al-Isra.

Dalam perjalanan yang ditempuh oleh Nabi Muhammad SAW, banyak yang meriwayatkan bahwa beliau mengendarai buraq. Buraq adalah binatang ghaib yang tidak akan pernah bisa dijupai oleh orang biasa seperti kita. Nabi Muhammad SAW pernah mengendarai buraq, hal ini menunjukkan sebagian kecil dari keistimewaan yang diberikan Allah SWT kepada beliau yang tidak seorang pun bisa menirunya.

Dalam hadis shahih, buraq digambarkan sebagai berikut :

Memiliki bentuk seperti binatang tunggangan pada umumnya.
Ukuran tubuhnya lebih pendek dari bighal dan lebih tinggi dari kedelai. Bighal adalah hewan hasil dari persilangan antara kuda dan keledai.
Buraq digambarkan sebagai hewan berwarna putih.
Langkah kaki buraq digambarkan sangat jauh, hingga sejauh ujung pandangannya.
Buraq bisa diikat seperti hewan tunggangan lainnya.
Digambarkan memiliki kecepatan super kilat.
Buraq dikisahkan memiliki bentuk punggung yang panjang.
Secara logika, manusia biasa tentu sulit untuk memahami peristiwa luar biasa yang sangat menakjubkan ini. Dalam hadis riwayat Bukhari dan Muslim yang berbunyi :

“… kemudian aku diberikan seekor binatang yang bukan bighal (peranakan kuda dan keledai) namum melebihi keledai putih. Al-Jaruud mengatakan kepadanya, “Itu buraq wahai Abu Hamzah. Anas mengatakan, “Betul, dia (binatang) itu meletakkan langkahnya sejauh pandangan mata…”
Banyak yang menggambarkan buraq memiliki sayap seperti kuda bersayap dan memiliki tanduk. Tetapi sejauh informasi ini ditulis, kami tidak ada menemui hadis yang menjelaskan bahwa buraq memiliki sayap dan bertanduk.

Sekian informasi yang dapat kami berikan mengenai Buraq. Dikarenakan buraq bersangkutan dengan hal ghaib, sudah sepatutnya kita mempercayai dan mengikuti apa yang ada dalam hadis tanpa harus mengurangi atau menambahnya. Allahu a’lam. Semoga informasi yang kami berikan dapat memberikan sedikit manfaat bagi Anda.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *