Manfaat dan Cara Menggunakan Serum Rambut yang Benar

Lifestyle

Perawatan rambut perlu dilakukan agar mendapatkan rambut yang sehat tanpa adanya masalah seperti kerontokan. Ada banyak cara untuk melakukan perawatan rambut secara rutin. Salah satunya dengan menggunakan serum rambut. Berikut manfaat dan cara penggunaan serum untuk rambut yang benar.

Manfaat Serum untuk Rambut

  1. Melindungi Rambut

Serum akan bermanfaat untuk melindungi rambut dari berbagai bentuk polusi udara dan bahaya  sinar UV. Biasanya di dalam serum terdapat bahan dasar asam amino, silicon, dan ceramide yang fungsinya sebagai pelapis sehingga melindungi batang rambut. Selain itu serum dengan kandungan ini berfungsi sekaligus sebagai conditioner yang membuat rambut menjadi lembut.

  1. Menyehatkan Rambut

Serum untuk rambut juga memiliki manfaat menyehatkan rambut dengan mengunci kelembapan di bagian batang rambut. Manfaat lainnya membuat rambut lebih sehat dengan mencegah terjadinya rambut yang patah karena kering.

Jadi buat Anda yang rambutnya mengalami kerusakan karena pernah menggunakan pewarna, mengkeriting rambut, atau pun meluruskan sangat tepat menggunakan serum. Serum akan bekerja melumasi setiap bagian rambut agar bisa kembali sehat secara bertahap.

  1. Berkilau

Setiap orang tentu ingin memiliki rambut yang berkilau. Serum dapat memberikan manfaat itu karena adanya kandungan silicon. Rambut Anda yang kering dan kusam bisa kembali bercahaya setelah menggunakan serum secara rutin.

  1. Mencegah Rambut Patah

Manfaat lainnya dari serum untuk mencegah terjadinya rambut patah. Anda hanya perlu menggunakan serum setelah keramas. Rambut akan menjadi lebih kuat dan halus, sehingga lebih mudah disisir tanpa risiko patah. Selain itu serum juga akan membantu proses regenerasi pada rambut Anda sehingga rambut bisa tumbuh dengan kuat.

  1. Melembutkan

Rambut yang halus dan lembut merupakan sebuah impian. Anda bisa mendapatkannya dengan menggunakan serum karena salah satu manfaatnya untuk melembapkan rambut dengan menjaga kadar minyak alami. Rambut pun akan terasa lebih ringan dan tidak lepek sekalipun beraktivitas dalam waktu lama di luar ruangan.

Cara Pemakaian Serum

  1. Takaran yang Pas

Penggunaan serum secara benar dengan takaran yang pas. Caranya dengan menggunakan satu pompa serum yang dituangkan ke telapak tangan. Usapkan serum dengan kedua telapak tangan. Setelah itu baurkan ke bagian batang rambut secara merata. Tambahkan bertahap jika dirasa kurang. Cukup gunakan serum dua hari sekali saja.

  1. Hindari Akar Rambut

Cara pemakaian serum yang benar dengan menghindari bagian akar rambut karena serum tidak dibutuhkan di area tersebut. Anda hanya cukup memberikan serum di bagian batang rambut saja. Lakukan secara perlahan agar tidak ada yang mengenai akar rambut.

  1. Rambut yang Bersih

Pemakaian serum harus dilakukan pada rambut dengan kondisi bersih. Jangan menggunakan serum saat kondisi rambut belum dikeramas dan tidak bersih karena akan menghambat kerja serum ke bagian batang rambut.

  1. Kondisi Kering

Anda harus memakaikan serum saat kondisi rambut sudah setengah kering setelah selesai keramas. Jadi setelah keramas, keringkanlah rambut dengan handuk atau pengering rambut. Jika dirasa sudah tidak ada lagi air yang menetes atau air pada rambut sudah berkurang Anda bisa menyemprotkan langsung serum atau mengoleskannya.

Perawatan rambut yang tidak tepat akan memberikan dampak buruk pada kondisi rambut. Anda harus hati-hati dalam memilih serum rambut. Pastikan kandungan serum memang aman untuk digunakan. Perhatikan fungsi serum saat membeli jangan sampai salah memilih. Gunakan serum sesuai kebutuhan saja jangan berlebihan. Anda bisa mengecek informasi serum di dove.com.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *