Manfaat Daun Binahong untuk Kesehatan

Kesehatan

Tanaman Binahong merupakan tanaman yang berasal dari China yang memiliki potensi mengatasi berbagai jenis penyakit. Penelitian menunjukkan jika daun tanaman bernama latin Anredera Cordifolia ini memiliki kandungan senyawa aktif flavonoid, terpenoid dan saponin yang berperan sebagai obat dalam maupun obat luar bagi kesehatan manusia.

Obat Luar

  • ¬†Mempercepat Pemulihan Pasca-operasi

Daun binahong bisa digunakan untuk obat luka bekas operasi. Anda cukup mengolesnya pada luka yang dibuat akibat operasi, misalnya pada luka bekas operasi caesar ataupun khitan.

  • Menurunkan panas tinggi pada bayi

Daun binahong juga bisa dioleskan untuk menjadi obat turun panas bayi. Caranya adalah dengan menumbuk halus daun binahong lalu gunakan sebagai kompres pada bayi.

  • Untuk obat luka memar

Luka memar, percikan api, rematik atau pegel linu juga bisa disembuhkan dengan memanfaatkan daun dan batang tanaman binahong. Cara memanfaatkannya adalah dengan ditumbuk daun dan batangnya sampai halus, lalu oleskan pada bagian tubuh yang sakit.

  • Untuk obat sakit gigi

Selain daun dan batang, umbi atau akar tanaman binahong juga memiliki manfaat, yaitu untuk mengobati sakit gigi. Caranya yaitu dengan menumbuk halus akar tanaman binahong, kemudian diperas. Air hasil perasan diteteskan pada gigi yang mengalami sakit

Obat Dalam

  • Mencegah Kanker

Tak hanya sebagai obat luar yang dikenal sebagai obat luka operasi, daun binahong juga berkhasiat mengobati dan mencegah penyakit dalam, salah satunya kanker. Air rebusan daun binahong dipercaya dapat mencegah kanker jika dikonsumsi secara rutin 3 kali sehari.

  • Menyembuhkan Disentri dan Mencegah Stroke

Untuk menyembuhkan disentri dan stroke, buatlah ramuan yang terdiri dari umbi binahong yang disaring dan direbus dalam 5 gelas air. Hasil rebusan proses tersebut diminum 2 hingga 3 kali sehari.

  • Menjaga Vitalitas Tubuh

Daun binahong juga memiliki fungsi sebagai penjaga vitalitas pada tubuh. Caranya adalah memanfaatkan air rebusan umbi tanaman binahong.  Minumlah air rebusan tersebut dicampur telur dan madu. Ramuan tersebut dipercaya bisa menaga vitalitas dan kebugaran tubuh anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *