Mau Menghilangkan Ketombe? Hindari Penyebab Utamanya

Kesehatan

Terjadinya ketombe di kepala dapat disebabkan karena adanya iritasi pada kulit kepala atau bisa juga karena kondisi kulit kepala yang kering. Salah menggunakan produk untuk rambut juga bisa menyebabkan ketombe. Anda bisa menghilangkan ketombe dengan melakukan upaya menghindari hal-hal yang dapat menyebabkan ketombe.

  1. Salah Produk Sampo

Anda harus hati-hati dalam memilih jenis produk sampo yang akan digunakan. Lihat kandungan yang ada di dalamnya agar tidak mengalami masalah pada  kulit kepala. Hindari untuk memilih sampo yang harganya murah karena bisa saja risikonya buruk bagi kepala Anda.

  1. Hindari Kelembapan pada Kulit Kepala

Kulit kepala yang lembap dapat menyebabkan risiko terjadinya ketombe. Apa lagi Anda yang beraktivitas di lapangan dan sering menggunakan penutup kepala. Kondisi kulit kepala yang lembap akan menyebabkan timbulnya jamur. Ditandai dengan rasa gatal di kepala dan juga bisa terjadi iritasi.

  1. Kulit Kepala Kotor

Ketombe dapat terjadi jika kulit kepala Anda kotor, maka penting untuk menghindari hal ini. Anda harus memastikan saat keramas tidak ada kotoran yang tertinggal. Bilaslah kepala setelah keramas sampai bersih agar tidak ada sel kulit mati yang tertinggal. Keramas secara rutin untuk mencegah kondisi kotor yang dapat berisiko menimbulkan ketombe.

  1. Rambut Kusut

Hal berikutnya yang harus Anda hindari agar membantu menghilangkan ketombe adalah jangan sampai rambut dalam kondisi kusut. Sisirlah rambut secara rutin karena jika Anda malas menyisir rambut dapat menyebabkan kerontokan dan ketombe. Gunakan sisir yang tepat tanpa menyakiti bagian kulit kepala.

Selain itu menyisir rambut dengan rutin dapat membuat rambut tetap lembut dan dapat membantu membersihkan rambut dari kotoran. Serpihan kulit kepala yang mongering juga akan hilang jika Anda rajin menyisir rambut.

  1. Stres

Anda juga harus menghindari stress agar tidak mengalami ketombe. Salah satunya dengan memenuhi kebutuhan tidur 8 jam dalam sehari. Selain itu lakukan relaksasi untuk membuat pikiran menjadi tenang dan terasa lebih segar.

  1. Pola Makan

Pola makan yang tidak tepat dapat menjadi penyebab Anda mengalami ketombe. Hindarilah untuk makan-makanan instan terlalu sering dan hindari makan dengan tidak tepat waktu. Anda perlu mengonsumsi buah-buahan dan sayur-sayuran agar mendapatkan nutrisi yang bisa menyehatkan kulit kepala.

  1. Kepanasan

Ketombe juga dapat terjadi karena kulit kepala yang kepanasan. Anda harus menghindari kepala mengalami kondisi panas atau pengap. Misalnya saat kepala terpapar cahaya matahari saat beraktivitas dinginkan terlebih dahulu sebelum keramas.

Selain itu jangan terlalu sering menggunakan alat yang memanaskan rambut dan kulit kepala. Contoh alat yang harus Anda hindari adalah hair dryer. Kepala yang kepanasan memiliki risiko mengalami sel kulit menjadi lebih cepat mati.

  1. Keramas Terlalu Sering

Anda perlu menghindari keramas terlalu sering. Apalagi jika mempunya kebiasaan keramas sebanyak 3 kali sehari. Keramas sesering ini akan membuat ketombe muncul di kepala karena menghilangkan minyak alami rambut dan membuat kepala iritasi.

Anda tentu tahu bahwa saat kulit kepala mengalami iritasi akan kesulitan untuk menjaga kebersihannya sehingga menyebabkan ketombe. Usahakan untuk melakukan keramas hanya sekali dalam dua hari. Kecuali jika Anda sehabis olahraga dan kondisi kulit kepala lembap.

Anda bisa menghindari penyebab munculnya ketombe ini untuk menghilangkan ketombe. Semuanya dapat dilakukan dengan mudah. Jika Anda membutuhkan produk sampo yang membantu mengatasi ketombe bisa mengunjungi tresemme.com. Pembelian bisa dilakukan dengan mudah untuk mendapatkan produk sampo ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *