Memilih Obat Sembelit Untuk Balita dan Anak-Anak

Kesehatan

Sebagai orang tua kadang kita dihadapkan dengan masalah pencernaan pada anak. Masalah pencernaan muncul biasanya dikarenakan asupan makanan dan lain hal. Masalah pencernaan anak yang umum terjadi biasanya adalah sembelit atau susah bab. Namun, kadang kita bingung memilih obat sembelit yang pas untuk anak. Ada banyak jenis obat sembelit dan susah bab

Berikut adalah hal yang perlu diperhatikan dalam memilih obat sembelit untuk balita dan anak:

  • Konsultasi ke dokter anak 

Hal yang paling utama apabila terjadi masalah pencernaan pada anak anda adalah konsultasi ke dokter. Biasanya dokter akan memberikan saran-saran maupun diagnosa untuk kondisi anak. Dalam kasus sembelit, dokter akan menanyakan sudah seberapa lama sembelit terjadi dan makanan yang anak anda konsumsi. Lalu dokter akan memberikan rekomendasi mengenai langkah apa yang harus anda ambil. 

  • Bentuk obat sembelit 

Ada banyak bentuk produk obat sembelit, pil, kapsul, sirup dan lainnya. Untuk anak balita biasanya dokter akan memberikan rekomendasi obat sirup atau obat cair penetrasi. Sengakan untuk anak diatas lima tahun lebih bervariasi. Tapi juga tetap harus memperhatikan kemampuan oralogi anak.

  • Alergi anak 

Anda juga harus paham tentang kondisi alergi pada anak anda. Alergi obat sangat umum terjadi pada anak. Apabila terjadi tanda-tanda alergi obat pada anak, maka sebaiknya hentikan penggunaan obat tersebut dan segera hubungi dokter. Sebagai gantinya anda bisa menggunakan obat-obat alami seperti buah dan sayu-sayuran. 

  • Efek samping obat

Beberapa obat memiliki efek samping. Efek samping obat biasanya akan tertera pada kemasan obat. Salah satu contoh obat anak yang memiliki efek samping adalah modexa obat sinusitis dari goapotik. Obat tersebut memiliki efeksamping seperti sembelit dan sebagainya. Dalam memilih obat sembelit juga harus diperhatikan efek samping yang bisa terjadi. 

  • Dosis obat 

Yang juga jarang diperhatikan adalah dosis obat. Dalam kemasan obat bisanya akan ditampilkan ketentuan dosis obat yang boleh dikonsumsi. Dosis tentunya akan disesuaikan dengan umur seseorang. dan dosis untuk anak-anak akan lebih sedikit. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *