Pengertian Pendidikan serta Contoh Artikel Pendidikan Terbaru

Tips

Pendidikan menjadi satu faktor utama berkembangnya sebuah negara, tak hanya dari segi intelektual saja namun juga dari segi sikap dan sifat yang tercetak selama masa belajar di bangku sekolah. Berikut ini akan dipaparkan pengertian pendidikan serta contoh artikel pendidikan terbaru untuk Anda.

Pengertian Pendidikan

Pendidikan merupakan suatu proses pembelajaran pengetahuan, keterampilan serta kebiasaan yang dilakukan oleh sekelompok manusia dari satu masa ke masa lainnya dengan melalui pengajaran, pelatihan serta penelitian. Selain itu, pendidikan juga bisadimaknai sebagai udaha sadar untuk membuat peserta didik menyadari dan mengembangkan potensi yangn dimilikinya.

Dengan adanya pendidikan, diharapkan seseorang mampu bertahan dalam kondisi terpaan hidup yang dihadapi serta mengembangkan potensi yang dimiliki. Pertumbuhan pengetahuan serta kecerdasan dalam diri anak tidak hanya merupakan tanggung jawab guru di sekolah tetapi juga menjadi tanggung jawab orangtua dan masyarakat sekitar tempat tingggal.

Contoh Artikel Pendidikan

Bagaimana Menumbuhkan Motivasi Anak untuk Belajar

Dalam proses pertumbuhan manusia, menginjak usia balita menjadi masa yang  sangat penting bagi pertumbuhan intelektual serta emosial anak. Pada masa ini anak akan menjadi aktif bertanya atau melakukan suatu hal yang menarik perhatian serta rasa ingin tahunya. Namun sayangnya, semangat keingintahuan pada masa ini sering kali mendapat respon yang kurang baik.

Proses belajar yang dilalui anak tentu berawal dari lingkungan keluarga kemudian berlanjut menuju lingkungan sekolah. Ketika anak mengutarakan keingintahuan akan sesuatu, tidak jarang ia mendapat jawaban yang kurang memuaskan atau bahkan merusak rasa ingin tahu tersebut. Hal tanpa sadar ataupun tidak sering dilakukan oleh orangtua.

Tidak jarang ketika terdapat barang baru di rumah, anak akan bertanya secara detail atau bahkan menghampiri sendiri untuk menjawab rasa keingintahuannya. Akan tetapi respon yang diberikan oleh orangtua bisanya akan menjauhkan serta tidak menjawab pertanyaan anak karena dianggap anak tidak akan mengetahui penjelasan yang dipaparkan.

Dari sinilah kebiasaan malas belajar ini muncul. Ketika anak ingin mengetahui dan belajar suatu hal baru, ia akan merasakan kekecewaan karena tanggapan orang di dekatnya tidak mendukung tindakan tersebut. Mindset tersebut lama kelamaan akan terbawa sehingga membuat anak malas mencari tahu lagi.

Dukungan orang terdekat terutama orang tua menjadi hal yang sangat penting dalam menumbukan motivasi anak dalam belajar. Ketika dukungan tersebut diberikan, maka ia merasa usaha yang dilakukan sebanding dengan tanggapan orang di sekitarnya.

Jika kasusnya anak tidak tertarik dengan objek tertentu yang diajarkan, maka salah satu cara menumbuhkan motivasi ini pun sangat bergantung kepada dukungan yang diberikan oleh orang terdekatnya.

Pujian yang tulus juga menjadi satu motivasi terebdiri bagi anak dalam melakukan aktivitas belajarnya. Memuji bisanya diucapkan ketika anak melakukan suatu hal yang bagus dan membanggakan. Akan tetapi hal ini juga bisa dilakukan ketika anak telah memberikan usaha terbaiknya untuk malakukan hal tersebut.

Dalam berbagai kasus, keinginan anak untuk belajar akan putus dengan sendirinya ketika ia merasa bahwa apa yang ia pelajari sulit atau tidak mendapatkan tanggapan yang semestinya. Dengan memberikannya pujian atas usaha yang telah dilakukan, makamotivasi  anak akan timbul dari proses yang dilaluinya, bukan semata mengutamakan hasil yang diperoleh.

Itulah sekilas pengertian pendidikan serta contoh artikel terkait. Jika Anda ingin membuat artikel pendidikan yang berkualitas dan informatif, fastwork.id menjadi salah satu penyedia jasa freelance yang bisa diandalkan. Didukung oleh tenaga profesional dan berpengalaman, mampu menghasilkan tulisan yang bagus dan berkualitas.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *