Penyebab Utama Penyakit Hipertensi atau Darah Tinggi

Kesehatan

Hipertensi atau darah tinggi adalah sebuah penyakit  yang umumnya dialami oleh orang dewasa. Kondisi orang yang mengalami penyakit ini akan rentan kambuh dan mengalami komplikasi. Berikut penyebab utama mengalami penyakit hipertensi yang harus dihindari.

  1. Makanan yang Dikonsumsi

Penyebab utama terjadinya penyakit hipertensi karena disebabkan makanan yang dikonsumsi. Kebiasaan sehari-hari dari makanan yang dikonsumsi akan berakibat buruk jika mengandung banyak garam. Di mana kandungan natrium di dalam tubuh jumlahnya dapat meningkat ketika berlebihan mengonsumsi makanan dengan garam tinggi.

Proses penyakit darah tinggi terjadi saat kandungan natrium sudah berlebihan, sehingga membuat kerja ginjal menjadi kesulitan membuang sisa cairan di dalam tubuh. Dalam jangka panjang bisa menyebabkan penumpukkan cairan yang akhirnya tekanan darah pun naik.

Selain itu kebanyakan makan garam dapat menyebabkan tekanan berlebihan pada dinding pembuluh darah bagian arteri. Akhirnya arteri akan menebal dan sempit lalu pecah atau tersumbat. Kerusakan pada arteri pun membuat aliran darah terhambat ke organ jantung dan otak.

  1. Obesitas

Obesitas juga menjadi penyebab Anda bisa mengalami penyakit hipertensi atau darah tinggi. Faktor penyebab ini paling sering terjadi. Kategori obesitas ini ketika indeks massa tubuh berada di atas 25 karena indeks tubuh yang normal adalah 23.

Ketika berat massa tubuh semakin tinggi maka akan memerlukan semakin banyak darah untuk mengantarkan oksigen dan nutrisi ke semua jaringan tubuh. Akibatnya jantung akan bekerja lebih keras daripada biasanya yang mengakibatkan tekanan darah menjadi naik.

Selain itu, obesitas juga berpengaruh pada sistem renin angiotensin aldosterone yang akan mempengaruhi kerja volume darah dalam tubuh. Ketika kerja sistem ini sudah terganggu maka risiko hipertensi akan lebih besar.

  1. Usia

Penyebab hipertensi juga bisa karena usia yang sudah lanjut. Risiko yang besar terkena hipertensi pada pria saat usia 45 tahun dan pada perempuan risikonya saat sudah usia di atas 65 tahun. Jadi, Anda yang sudah berusia lanjut sebaiknya mulai menjaga kesehatan dengan baik.

  1. Malas Gerak

Hipertensi juga bisa terjadi disebabkan Anda malas bergerak di mana detak jantung akan menjadi lebih cepat. Ketika jantung bergerak lebih cepat maka kerja jantung lebih keras untuk memompa darah dan akibatnya akan mengalami peningkatan tekanan darah atau hipertensi. Jadi, penting sekali untuk Anda melakukan olahraga secara teratur meskipun hanya jalan kaki.

  1. Sering Stres

Stres merupakan salah satu penyebab terjadinya hipertensi. Ketika Anda sedang stres tubuh pun akan melepaskan hormon kortisol dan adrenalin yang akhirnya meningkatkan denyut jantung dan bisa menyebabkan pembuluh darah menjadi sempit.

Jika denyut jantung tinggi maka darah akan dipompa menjadi lebih cepat. Dalam jangka panjang kondisi ini akan meningkatkan tekanan darah atau hipertensi. Salah satu tandanya Anda akan mengalami sakit kepala di bagian belakang.

  1. Keturunan atau Genetika

Hipertensi juag bisa disebabkan karena faktor keturunan atau genetika. Jadi, ketika Anda memiliki anggota keluarga yang terkena hipertensi bisa memiliki kemungkinan besar juga mengalami hipertensi. Anda bisa mencegah terjadinya hal ini dengan menjaga kesehatan dan menerapkan pola hidup sehat, seperti menjaga makanan yang dikonsumsi.

Anda harus waspada untuk menjaga kesehatan agar tidak terkena hipertensi atau darah tinggi. Jika ada gejala terkena hipertensi segeralah atasi agar tidak berlanjut dan memperparah kondisi kesehatan. Konsumsi buah-buahan dan sayur-sayuran dengan rutin agar kebutuhan nutrisi tercukupi. Jangan anggap remeh penyakit ini karena bisa berakibat buruk yaitu komplikasi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *