Perangkat Turbo di SUV Glory 560 Mulai Bekerja di 1.800 RPM, Cocok untuk SUV Perkotaan

Otomotif

Sebagian mobil berjenis sport utility vehicle (SUV) sudah dilengkapi dengan perangkat teknologi turbo pada mesinnya. Teknologi ini berguna memaksimalkan keluaran tenaga yang dihasilkan oleh mesin, mesin bekerja lebih efisien serta membantu menurunkan emisi gas buang. Salah satu medium SUV yang sudah dilengkapi dengan perangkat turbo ini adalah DFSK Glory 560. Perangkat turbo di SUV bermesin bensin 1.500 cc ini bekerja di putaran rpm tertentu. Taqwa Suryoswasono dari Garden Speed Workshop mengatakan, dari hasil pengetesan menggunakan perangkat dyno test terhadap SUV ini, pihaknya mendapati teknologi turbo di Glory 560 akan mulai bekerja saat putaran mesin mencapai sekitar 1.800 rpm (round per minute).

"Perangkat turbo di mesin ini mulai bekeja di 1.800 rpm.Jadi turbo ini bagus untuk di pemakaian di dalam kota karena akan didapatkan efisiensi berdasarkan hasil dyno test kita. Tenaga mesin naik di 1800 rpm kemudian flat di sekitar 4000 rpm sebelum kemudian turun," ungkapTaqwa Suryoswasono saat menjadi pembicaradi acara talkshow bedah teknologi DFSK Glory 560 di booth DFSK di pameran otomotif IIMS 2019 di JIExpo Kemayoran, Jakarta, Senin (29/4/2019). Taqwa menjelaskan, keunggulan mesin yang sudah dilengkapi dengan turbo adalah membuat mesin menghasilkan tenaga lebih maksimal namun tetap efisien di konsumsi bahan bakar. "Turbo terbukti menghasilkan tenaga lebih baik sekaligus menurunkan emisi gas buang. Hampir semua pabrikan kini mengembangkan mesin turbo agar kinerja mesin lebih baik dan emisi gas buangnya menjadi lebih rendah," ungkap Taqwa.

Sugiartono, Product Technology Team DFSK di tempat yang sama mengatakan termasuk dalam garansi 7 tahun di mobil Glory 560 adalah perangkat turbonya. Pihaknya memberikan garansi penggantian turbo jika terjadi masalah saat pemakaian oleh pemilik Glory 560 selama masa garansi. "Turbo ini tidak bisa dibongkar, kalau bermasalah kita akan langsung ganti. Tidak ada batasan untuk sampai berapa kali penggantian. Kita akan memberikan penggantian selama periode masa garansi," ungkap Sugiartono. Glory 560 merupakan SUV 7 seater yang dibekali mesin bensin 1500 cc dengan Turbocharged bertenaga 150 PS pada 5600 rpm.

Untuk pembelian SUV ini DFSK memberikan garansi 7 tahun melalui Super Warranty 7 Tahun/150.000 kilometer,sama seperti yang diberikan pada model SUV DFSKlainnya, yaitu Glory 580. Di pasar SUV di Tanah Air, SUVGlory 560akan berkompetisi dengan Toyota Rush, Daihatsu Terios dan Honda HR V.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *