Tips Makan Sehat Saat Lebaran untuk Hindari Lonjakan Berat Badan

Kesehatan

Lebaran merupakan momensilaturahmi dan saling memaafkan. Biasanya disusul dengan aktivitas makan bersama. Menunya banyak,umumnya tinggi lemak. Oleh karenanya, santap makanan saat Lebaran besar kemungkinanmemengaruhiberat badandan kesehatan kita. Bagi yang ingin menjaga berat badannya tentu perlu untuk menyiasati hal ini, karena bila tidakberat badan bisa saja melambung naik setelah Lebaran ini.

Berikut ini tips makan sehat di hari raya yang bisa kita coba untuk mencegah kelebihan berat badan setelah lebaran, seperti dilansir darirsi.co.id: Jika silahturami dilakukan pagi hari, sekitar pukul 9 sampai 10 pagi, sebaiknya pilih santapansnackatau buah. Bila kunjungan dilakukan siang hari, sekitar pukul 12 sampai 13 maka ketupat atau nasi bisa jadi pilihan. Bila di atas meja terhidang banyak makanan berat yang berlemak seperti, rendang, opor ayam, sambal goreng, atau semur, pilihlah satu jenis lauk saja.

Atau bisa juga dua tapi dengan porsi kecil.Selebihnya disarankan konsumsi buah dan sayur yang berserat. Jangan terus menerus mengonsumsi aneka kue manis dan gurih tanpa diselingi makanan berserat. Karena makanan berserat bisa menetralisir lemak jenuh yang terkandung di dalamnya. Makanlah secara perlahan, semakin cepat kita makan semakin banyak juga makanan yang kita makan sehingga kolesterol dalam tubuh bisa cepat naik.

Bila perut masih terasa lapar meski sudahmakanbanyak, baiknya coba untuk minum air putih. Selain untuk menghindaridehidrasi, minum air bisa bantu menahan rasa lapar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *