Tips Merawat Motor Matic, Yuk Lakukan Sebelum Mudik Lebaran 2019!

Otomotif

Seringkali kita tidak tahu bahwa sebenarnya merawat motor matic itu sangatlah mudah. Namun, banyak orang yang belum tau atau malas untuk melakukannya. Padahal, dengan kita merawat motor sendiri, maka akan mengurangi biaya untuk ganti komponen yang rusak.

Proses memanaskan mesin di pagi hari ataupun disaat motor baru akan digunakan sangat perlu untuk dilakukan. Hal ini bertujuan agar proses pembakaran di dalam mesin bisa sempurna sebelum digunakan. Memanaskan mesin juga bertujuan agar oli mesin dapat melumasi seluruh bagian dalam mesin motor dan menjaga temperatur mesin tetap stabil.

Memanaskan mesin bisa dilakukan 5 10 menit dengan cara memakai kick starter secara berulang ulang saat kontak ignition keadaan mati, dilanjutkan dengan ignition hidup. Banyak yang tidak tau bagaimana mengendarai motor matik dengan baik. Caranya cukup mudah, yaitu jangan terlalu sering mengendarai motor dengan cara dilaju dengan kecepatan tinggi kemudian berhenti tiba tiba.

Saat sedang perawatan rutin di bengkel, mintalah mekanik untuk mengecek kelistrikan, seperti aki dan busi. Busi jika kondisinya jelek, dapat menyebabkan pembakaran menjadi tidak sempurna, yang mengakibatkan borosnya bahan bakar dan kinerja mesin kurang optimal. Sebagai komponen pendukung dalam sistem penggerak motor, v belt dan roller menjadi komponen yang rentan sekali dengan kerusakan karena pemakaian dan kotoran dalam ruang transmisinya.

Memeriksa v belt dan roller secara rutin setiap dua bulan sangat dianjurkan dan segeralah ganti bila sudah dianjurkan oleh mekanik bengkel. Semoga bermanfaat ya gengs!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *