Wisata Edukasi ke Museum Bumi Manusia di Sleman, Yogyakarta

Travel

Museum Bumi Manusia diresmikan sebagai tempat wisata edukasi. Museum Bumi Manusia ini dulunya digunakan untuk lokasi syuting film Bumi Manusia. Dalam film tersebut, Museum Bumi Manusia dijadikan sebagai kediaman Nyai Ontosoroh dan Annelis Mallemar.

Di rumah ini juga, Nyai Ontosoroh melahirkan kakak beradik berdarah campuran. Pengerjaan syuting film dilakukan sekitar dua bulan di Museum Bumi Manusia tepatnya di Dusun Gemplong. Setelah penggarapan film Bumi Manusia selesai, Hanung Bramantyo selaku sutradara film meresmikan Museum Bumi Manusia sebagai tempat wisata.

Museum Bumi Manusia diresmikan secara langsung oleh Hanung Bramantyo dengan pemotongan pita. Penamaan museum tersebut diambil dari nama judul film yang melibatkan sekitar 1.000 pemain dan kru film. Museum Bumi Manusia diresmikan sebagai tempat wisata edukasi yang memberikan sarana pendidikan untuk anak anak.

Museum Bumi Manusia berlokasi di Desa Gamplong, Moyudan, Sleman, Yogyakarta. Dusun ini dulunya diresmikan oleh Presiden Jokowi pada 15 Juli 2018. Menariknya lagi, tempat ini diresmikan secara langsung oleh Presiden Jokowi sebagai desa wisata.

Oleh karena itu tidak heran jika penggarapan film Bumi Manusia dilakukan di Desa Gamplong yang lokasinya strategis. Museum Bumi Manusia merupakan sebuah rumah yang dipersiapkan menjadi museum. Setelah diresmikan oleh Hanung Bramantyo, Museum Bumi Manusia terbuka untuk umum termasuk anak anak.

Museum Bumi Manusia dijadikan sebagai tempat wisata edukasi yang menyediakan sarana pendidikan. Di Museum Bumi Manusia ini juga, pengunjung bisa belajar bermain film. Sayangnya, tidak semua pengunjung bisa masuk ke Museum Bumi Manusia secara bersamaan.

Setiap 30 menit sekali hanya 10 pengunjung yang diperbolehkan masuk dan melihat semua seisi Museum Bumi Manusia. Hal ini dikarenakan Museum Bumi Manusia tidak bisa menampung pengunjung dalam jumlah banyak sekaligus. Bagi pengunjung yang ingin mengetahui lebih dalam terkait penggarapan film Bumi Manusia bisa datang ke Museum Bumi Manusia.

Museum Bumi Manusia menyediakan sarana pendidikan yang bisa dijadikan sebagai tempat belajar. Harapan Hanung Bramantyo setelah peresmian supaya ada pagelaran dan pertunjukan dengan lakon berbeda di Museum Bumi Manusia. Museum Bumi Manusia diresmikan untuk mengenang sastra klasik yang penuh dengan perjuangan.

Hanung Bramantyo juga berharap supaya generasi bangsa mengenal sastra klasik dan perjuangan Indonesia lewat Museum Bumi Manusia. Di Museum Bumi Manusia inilah kisah sejarah perjuangan bisa kamu jumpai. Museum Bumi Manusia yang berlokasi di Sleman, Yogyakarta bisa kamu tempuh menggunakan transportasi umum seperti bus.

Kamu akan lewat Jalan Magelang dan berhenti langsung di Sleman kemudian bisa melanjutkan perjalanan dengan naik ojek online. Apabila membawa kendaraan pribadi tentu akan lebih mudah. Kamu tinggal mengikuti arah di Google Maps tempat wisata Desa Gamplong.

Setelah memasuki kawasan Sleman, kamu bisa melanjutkan perjalanan menuju Museum Bumi Manusia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *